Okt
17
2017
Today
Cuaca Cilacap 29-08-2017

Berawan
Suhu : 24-320C
Angin : 5-25 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
BMKG Cilacap Keluarkan Peringatan Gelombang Tinggi Bagi Pelayaran
Oleh Wagino   
Minggu, 11 September 2011 09:30

CILACAP, (CIMED) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cilacap, Minggu (11/9/2011) mengeluarkan peringatan dini terkait gelombang tinggi yang terjadi di perairan selatan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta pada 12-13 September 2011. Sehingga pengguna jalur pelayaran tersebut untuk mewaspadainya.

Dalam rilisnya yang diterima CILACAPMEDIA.com, prakirawan BMKG Cilacap Teguh Wardoyo menyebutkan, gelombang setinggi 3.0-4.0 meter berpeluang terjadi di perairan selatan Jateng dan DIY, khususnya di perairan pantai dan Samudera Hindia selatan Cilacap, Kebumen, dan Yogyakarta.

"Dari prakiraan kami, gelombang disertai kecepatan angin akan terjadi mulai 12-13 September," kata Teguh.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya mengimbau semua pengguna jasa kelautan untuk berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan karena tinggi gelombang tersebut berbahaya bagi kapal.

Menurut dia, peluang terjadi gelombang tinggi di perairan selatan Jateng dan DIY tersebut disebabkan karena peningkatan kecepatan angin.

"Angin umumnya bertiup dari arah Timur dengan kecepatan berkisar antara 15 - 50 km/jam. Sedang tinggi gelombang maksimum berkisar antara 2.0 - 4.0 meter," katanya.

Dia menambahkan, prakiraan cuaca di perairan selatan Jateng dan DIY Umumnya berawan. Sedangkan untuk wilayah Cilacap umumnya cerah hingga berawan dan berpeluang terjadi hujan ringan pada pagi hari terutama di wilayah selatan.



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Posting komentar anda