Jun
26
2022
Today

Cuaca Cilacap 21-06-2022

Hujan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Minyak Tumpah Di Perairan Cilacap Akibat Pipa Bocor
Oleh Wagino   
Senin, 12 September 2011 17:35

CILACAP, (CIMED) – Minyak mentah tumpah di perairan Cilacap kembali terjadi. Tumpahan minyak berasal dari kapal MT Medelin Atlas yang membongkar Arabian Light Crude (ALC) di dermaga CIB 2 Area 70 milik Pertamina. Diduga akibat pipa bocor yang disebabkan kran pada pipa ODM tidak tertutup dengan kuat.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, minyak tumpah terjadi pada Mingg (11/9/2011) sekitar pukul 06.00 WIB di sekitar perairan Karang Tengah yang bersumber dari kapal MT Medelin Atlas. Kapal berbendera Indonesia itu mengangkut Arabian Light Crude (ALC) jenis walio sebanyak 320 MB (matrik barel) untuk didistribusikan ke Pertamina RU IV Cilacap.

Saat bersandar di dermaga CIB 2 Area 70 milik Pertamina untuk membongkar minyak terjadi kebocoran pada pipa Oil Discharge Monitoring (ODM) atau pipa pembuangan lambung kapal sebelah kanan. Akibat kebocoran tersebut minyak tumpah dan mencemari laut . Namun kejadian itu tidak berlangsung lama sehingga ALC yang tumpah tidak banyak. Sedikitnya ada 47 liter minyak yang tumpah ke laut.

Kendati tumpahan minyak tidak banyak, usai kejadian pihak kapal bersama Pertamina RU IV menerjunkan tim untuk melakukan penanganan agar pencemaran tidak meluas. Upaya penanganan dilakukan dengan menyemprotkan oil boom ke tumpahan minyak.

Sementara itu, terkait kejadian tersebut Public Relations Section Head Pertamina RU IV, Ruseno, saat dikonfirmasi CILACAPMEDIA.com melalui telepon genggamnya mengaku belum mendapat laporan.