Agu
14
2020
Today
Cuaca Cilacap 03-08-2020

Berawan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
26 Pasangan Ikuti Nikah Massal
Oleh Wagino   
Sabtu, 24 Nopember 2007 14:07
CILACAP - Sebanyak 26 pasangan pengantin dari berbagai usia ikuti nikah massal di Mesjid Baiturrohman Komplek Pertamina Lomanis, Jalan MT Haryono, Cilacap, Sabtu (24/11) mulai pukul 12.30 WIB.

Acara ini diselenggarakan oleh Pertamina UP IV Cilacap dalam rangka HUT Emas Pertamina yang jatuh pada 10 Desember 2007.

Berdasar data yang dihimpun CilacapMedia, 26 pasangan peserta nikah missal berasal beberapa wilayah kecamatan di kabupaten Cilacap seperti Kec. Kedungreja, Cilacap Utara, Cilacap Tengah dan Cilacap Selatan. Sebanyak 10 pasangan pengantin dari Kec. Kedungreja telah melangsungkan akad nikah Jum’at (23/11) kemarin.

Menariknya, dari 26 pasangan peserta nikah massal tersebut sebagian besar tidak lagi berusia muda. Para peserta nikah massal yang terdiri dari berbagai usia, termasuk pasangan lanjut usia (lansia) itu, banyak di antaranya yang sebenarnya sudah hidup serumah selama belasan bahkan, beberapa puluh tahun, beranak, bercucu, namun tidak dilengkapi surat nikah atau dengan istilah ekstrem kumpul kebo.

Nikah tanpa dilengkapi surat atau akta yang sah tersebut masyarakat sejak lama sering menyebutnya dengan kawin siri, kawin kiai atau nikah di bawah tangan. Secara agama mereka sah, namun sebagai warga negara yang taat aturan hukum yang berlaku dinyatakan melanggar. Lebih parah lagi jika sama sekali tidak melakukan akad nikah, tetapi langsung hidup serumah sehingga melanggar hukum agama maupun hukum negara.

Sanen (68) yang berpasangan dengan Karsinah (55) warga Jalan Dr. Cipto, Kebon Manis, mengaku sangat terbantu dengan acara itu. Kami sangat berbahagia karena sudah dibantu oleh Pertamina untuk melangsungkan nikah yang benar karena kami kesulitan biaya, ujarnya.

Saat berita ini diturunkan, masih berlangsung akad nikah yang terbagi menjadi tiga meja, sesuai dengan asal kecamatan yakni Cilacap Tengah, Selatan dan Utara.