Okt
24
2014
Today

Cuaca Cilacap 3-9-2014

Cerah
Suhu : 22-280C
Angin : 5-27 km/jam
Cuaca Maritim KLIK Disini

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Duh! Mulai 11 September Kereta Maguwo Tidak Lagi Masuk Cilacap
Oleh Wagino   
Senin, 10 September 2012 15:48

CILACAP, (CIMED) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) V Purwokerto mulai besok, Selasa 11 September 2012 mengubah jadwal dan rute perjalanan KRDE AC Maguwo Ekspres. Rute diubah menjadi Purwokerto-Maguwo, dan tidak lagi Ke Cilacap.

Manager Humas PT KAI Daop V Purwokerto Surono mengatakan perubahan ini dilakukan setelah dilakukan evaluasi terhadap jadwal dan rute perjalanan yang sudah dijalani KRDE Maguwo Ekspres selama 28 hari sejak diluncurkan pertama tanggal 14 Agustus 2012.

“Perubahan ini untuk meningkatkan pelayanan terhadap penumpang pada koridor Purwokerto-Yogyakarta,” kata Surono dalam press releasnya yang diterima Redaksi CILACAPMEDIA.com, Senin (10/9/2012).

Dikatakan, selama ini Maguwo Ekspres menjalani trayek Purwokerto–Maguwo, Maguwo–Cilacap, Cilacap–Kutoarjo, dan Kutoarjo–Purwokerto. Dari keempat trayek yang dijalani selama ini, hanya dua trayek yang kelihatannya diminati penumpang yakni trayek Purwokerto–Maguwo dan Maguwo–Cilacap.

“Sedangkan trayek Cilacap–Kutoarjo dan Kutoarjo–Purwokerto kurang diminati. Hal ini terlihat dari minimnya penumpang di kedua trayek tersebut setiap harinya,” tulisnya.

Sehari 2 Kali Perjalanan Purwokerto–Maguwo pp.

Setelah dievaluasi, kata Surono, mulai 11September 2012 rute yang akan dijalani KA Maguwo Ekspres akan diubah menjadi Purwokerto–Maguwo pp.

“Dua kali sehari dan tidak lagi ke Cilacap.” kata Surono.

Secara rinci Suono menyebutkan, kereta berangkat dari stasiun Purwokerto diubah menjadi pukul 05.00 WIB dan sampai di Maguwo pukul 07.48 WIB. Kemudian berangkat lagi dari Maguwo pukul 08.05 WIB dan sampai di Purwokerto pukul 10.52 WIB untuk trayek pertama.

“Sedangkan trayek kedua berangkat dari Purwokerto pukul 11.20 WIB sampai Maguwo pukul 14.37 WIB. Kemudian berangkat lagi dari Maguwo pukul 15.18 WIB dan sampai di Purwokerto pukul 18.16 WIB, setiap harinya. Perubahan rute ini dilakukan untuk dapat mengejar dan mempersingkat waktu tempuh,” jelasnya.

Lebih lanjut Surono mengatakan, dengan jadwal perjalanan yang baru ini KRDE Maguwo Ekspres dari Purwokerto – Maguwo dan sebaliknya hanya akan berhenti di stasiun- stasiun  Kroya, Gombong, Kebumen, Kutoarjo, Yogyakarta (Tugu) dan Maguwo.

Sedangkan tarip yang diberlakukan untuk KRDE AC Maguwo Ekspres ini masih tetap sama dengan saat pertama kali diluncurkan, yakni Rp 60.000 untuk jarak Purwokerto-Yogyakarta/ Maguwo dan Rp. 50.000 untuk jarak Purwokerto–Kutoarjo dan Kebumen– Maguwo.

Surono berharap, dengan perubahan jadwal ini KRDE Maguwo Ekspres ini akan bisa mengakomodasi karyawan yang bekerja di Yogyakarta.

“Karena KA ini akan sampai di Yogyakarta sebelum pukul 8 pagi, disamping penumpang pesawat untuk penerbangan mulai pukul 9 pagi dan sore hari,” pungkasnya.

 



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Comments 

 
+1 #10 kereta tambahan 2012-09-20 23:11
Kalau memang kebijakannya begitu ya apa boleh buat, tapi saran saya buat PT KAI beri dong kereta tambahan cukup sampai kroya agar kita bisa tetap naik maguwo.. spt dulu ada kereta yg narik 1 gerbong aja dari kutoarjo-purworejo pp. adil kan....
Quote
 
 
+1 #9 Kaji ulang kebijakan Rute KRD Maguwo 2012-09-13 14:08
Mohon kepada PT. KAI DAOPS V Purwokerto dikaji ulang mengenai tranyek KRD Maguwo,akan lebih bijaksana apabila tranyek KRD Maguwo di mulai berangkat pagi dari cilacap - Maguwo, mengingat dari Stasiun Purwokerto pagi hari sudah ada kereta Logawa - jember.
Quote
 
 
0 #8 Sepur minded 2012-09-13 09:12
Promo/uji coba informasinya belum menjangkau masyarakat luas.
Saya juga baru tahu ada trayek Clp-Ygy tda sekarang ini (pd saat ada berita trayek dihentikan).

Coba kalau masyarakat luas tahu ada kereta clp-Ygy yg cepat nyaman dan tepat waktu maka minat masyakakat akan besar alias penumpangnya akan banyak.Apalagi kalau beayanya bersaing dg transportasi laninnya.

Membangun sepur minded membutuhkan waktu, konsistensi dan kuncinya informasi. Saya saja tertarik pengin naik, sayangnya baru tahu sekarang pas akan didihapus.
Quote
 
 
+1 #7 kaji ulang 2012-09-11 22:52
Mohon kepada PT. KAI DAOPS V Purwokerto dikaji ulang mengenai trayek, harapan kami Cilacap disamakan dengan Purwokerto.

Perlu diketahui bahwa di kota Cilacap penumpang sangat berpeluang/berpotensi karena banyak karyawan BUMN yang berdinas ke luar kota Cilacap yang selanjutnya naik pesawat dari Yogya disamping berbelanja / jalan2.

Mudah2an bisa di pertimbangkan.
Quote
 
 
0 #6 Kereta Ekonomis 2012-09-11 22:29
Sebenarnya yang banyak disayangkan dari adanya KRDE Maguwo Ekspress ini adalah biayanya yg terlalu tinggi. Sekarang harganya 60 ribu tapi karena masih promo, aslinya 80 ribu. Jelas masyarakat enggan.

Lebih ekonomis naik alat transportasi lainnya. Coba kalo biaya kereta jogja-cilacap yg lebih rendah dari alat transportasi lainnya, pasti akan banyak peminatnya seperti dulu. Kereta ekonomi ga papa deh..karena peminat warga Cilacap yg ke Jogja sebagian besar adalah kalangan mahasiswa.
Quote
 

Posting komentar anda