Apr
21
2014
Today

Cuaca Cilacap 15-4-2014

Hujan
Suhu : 24-320C
Angin : 5-27 km/jam
Cuaca Maritim KLIK Disini

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Hore! Bendung Cilopadang Bakal Dibangun 2013
Oleh Wagino   
Selasa, 23 Oktober 2012 17:11

CILACAP, (CIMED) – Kabar gembira bagi petani di Majenang khususnya di Desa Mulyadadi, Mulyasari dan Pahonjean. Pasalnya Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Sumber Daya Air akan membangun bendung dan saluran irigasi di Sungai Cilopadang. Bendung yang sangat dinantikan petani setempat itu dibangun 2013 mendatang dengan dana 26 miliar.

Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air Dinas Bina Marga, Energi Sumber Daya Mineral dan Sumber Daya Air Cilacap, Saeful Hidayat saat dikonfirmasi CILACAPMEDIA.com membenarkan rencana pembangunan bendung Cilopadang dibawah Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy itu.

“Design dan gambar pembangunan bendung sudah ada, termasuk lahan juga sudah siap,” kata Saeful.

Saeful menyebutkan, proyek yang dibangun pemerintah pusat ini diperkirakan menelan anggaran 26 miliar.

“Bendung yang dibangun bukan model bendung gerak, tapi bendung tetap. Realisasi pembangunannya direncanakan pada 2013 mendatang. Sekarang tinggal menunggu keluarnya Keputusan Menteri (Kepmen, red), saat ini sedang dibahas di Bali,” terangnya.

Jika bendung ini rampung, lanjut Saeful, sesuai dengan design mampu mengairi sawah 754 hektar di Kecamatan Majenang yang tersebar di tiga desa yakni Mulyadadi, Mulyasari dan Pahonjean.

“Sehingga nantinya petani tidak lagi harus bersusah payah membuat bendung darurat untuk mengairi sawahnya, terutama saat memasuki musim kemarau,” bebernya.

Selain bendung Cilopadang, ada dua bendung yang sedang dan akan dibangun di wilayah Cilacap Barat. Kedua bendung yang dibangun yakni bendung Cijalu dan Cikawung.

“Kalau bendung Cijalu sekarang dalam proses pembangunan, sedang bendung Cikawung masih terkendala lahan,” bebernya.

Saeful menambahkan, di wilayah Kabupaten Cilacap terdapat 751 bendung atau Daerah Irigasi (DI), 292 sungai dan 253 drainase. Dari jumlah 751 bendung itu terdiri dari 9 bendung teknis (DI teknis), 15 bendung (DI semi teknis) dan 727 bendung (DI sederhana).

 



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Comments 

 
0 #1 irigasi desa sumingkir 2012-10-28 11:58
tolong bagi para pejabat cilacap yang menangani bidang irigasi,saya mohon desa sumingkir kecamatan Jeruklegi,di bantu dan di carikan solusi yang terbaik agar pengairan sawahnya bisa teratasi khususnya di musim kemarau,..trimakasih dan mohon perhatianya
Quote
 

Posting komentar anda