Agu
18
2017
Today
Cuaca Cilacap 24-05-2017

Berawan
Suhu : 24-320C
Angin : 5-25 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
BMKG Cilacap Kembali Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi
Oleh Wagino   
Senin, 03 Pebruari 2014 10:40

CILACAP, (CIMED) - Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cilacap mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di perairan selatan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Gelombang tinggi di laut Selatan mencapai 5 meter.


Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi BMKG Cilacap, Teguh Wardoyo menjelaskan, peringatan dini gelombang tinggi ini berlaku mulai tanggal 3 - 5 Februari 2014.

“Gelombang 2-3 meter berpeluang terjadi di sepanjang pantai selatan Cilacap hingga Yogyakarta dengan kecepatan angin 5-15 knots yang bertiup dari arah barat hingga barat laut,” paparnya.

Sementara, lanjut dia, tinggi gelombang 2-5 meter berpeluang terjadi di Samudra Hindia selatan Cilacap hingga Yogyakarta dengan kecepatan angin berkisar 10-22 knots yang bertiup dari arah barat hingga barat laut.

Menurutnya, peningkatan tinggi gelombang tersebut terjadi akibat adanya daerah pusat tekanan rendah (low pressure) di timur laut Australia yang telah mencapai 994 milibar. Keberadaan pusat tekanan rendah tersebut memicu peningkatan kecepatan angin yang bertiup di atas wilayah perairan selatan Jateng-DIY sehingga berdampak pada peningkatan tinggi gelombang.

Teguh menambahkan bahwa keberadaan daerah pusat tekanan rendah di timur laut Australia tersebut juga berdampak terhadap kondisi cuaca di wilayah Jateng bagian selatan.

“Awan hujan yang telah tumbuh di wilayah Jateng selatan akan tersapu oleh angin yang bertiup menuju daerah pusat tekanan rendah tersebut, sehingga wilayah ini diprakirakan berpeluang terjadi hujan dengan intensitas ringan terutama pada sore hingga malam hari,” pungkasnya.

 



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Posting komentar anda