Sep
28
2020
Today
Cuaca Cilacap 01-09-2020

Berawan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Pedagang Kuliner Teluk Penyu Direlokasi
Oleh Wagino   
Rabu, 31 Desember 2014 23:02

CILACAP, (CIMED) - Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan terus melakukan pembenahan kawasan obyek wisata Teluk Penyu guna memberikan kenyamanan kepada pengunjung dan mengoptimalkan pendapatan. Terobosan yang baru, pedagang kuliner yang selama ini beroperasi di sepanjangan bibir pantai kawasan Teluk Penyu bakal direlokasi ke pusat kuliner ikan bakar di dekat pintu gerbang sebelah Selatan.
"Dalam rangka penataan obyek wisata Teluk Penyu, kita sudah adakan kesepakatan bersama dengan para pengusaha kuliner yang ada di tepian pantai ini. Terhitung mulai 15 Pebruari mereka direlokasi ke tempat yang lebih representatif dan tempatnya sudah disediakan oleh pemerintah," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap,  Indar Yuli Nyataningrum, baru-baru ini.

Diterangkan, penandatanganan dokumen sudah selesai dilakukan dan saat ini sudah persiapan.

"Masih ada waktu satu setengah bulan untuk persiapan pindah ke tempat yang sudah disediakan. Nantinya mereka menempati tempat yang akan diberi nama pusat kuliner ikan bakar," terangnya.

Disebutkan ada delapan pengusaha kuliner yang akan direlokasi ke tempat yang baru itu. Para pedagang kuliner menempati bangunan yang telah selesai dibangun pada 2014 lalu diatas lahan seluas 2 x 200 meter persegi. Lokasinya hanya berjarak sekitar 150 meter dari tempat yang lama tepatnya di dekat pintu gerbang sebelah Selatan.

"Tahap awal kita pindahkan pedagang kuliner yang ada dibibir pantai. Selanjutnya pertengahan tahun giliran pedagang pakaian yang berada di sisi Timur pedagang kuliner dipindahkan ke lokasi yang baru di dekat kolam renang yang sekarang sedang dibangun," urainya.

Saat ini, berdasarkan data Disparbud Cilacap jumlah lapak yang beroperasi di sepanjang bibir pantai Teluk Penyu sebanyak 28 pedagang termasuk pedagang kuliner.

Jadi, lanjut Indar Yuli, nantinya sepanjang bibir pantai bebas pedagang. Selanjutnya, bekas lapak akan dibuat taman.

"Penataan kawasan pantai ini kita upayakan selesai pada akhir 2015. Jadi, sepanjang pantai nantinya benar-benar bebas dari pedagang, namun diganti menjadi sebuah taman yang dilengkapi dengan gazebo," lanjutnya.

Selain menata pedagang, para nelayan yang selama ini menambatkan perahunya di sepanjang pantai juga akan dibuatkan bunker untuk menyimpan peralatan.

"Penduduk yang bermukim disini merupakan neyalan, sehingga tidak mungkin untuk dipindahkan. Perahu tetap berada di sepanjang pantai, namun peralatannya nanti kita siapkan tempat sehingga tidak berserakan.

Indar Yuli menambahkan, terkait rencana relokasi tersebut pihaknya sejak jauh hari sudah melakukan sosialisasi dengan mengundang paguyuban pedagang dan perwakilan kelompok nelayan dan masyarakat.

"Sudah tidak ada masalah, mereka sudah tahu dan sekarang sudah siap-siap," pungkasnya.