Nov
25
2017
Today
Cuaca Cilacap 29-08-2017

Berawan
Suhu : 24-320C
Angin : 5-25 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Air Kian Sulit, Warga Patungan Buat Sumur
Oleh Wagino   
Minggu, 01 Nopember 2015 23:44

KAWUNGANTEN, (CIMED) - Semakin menipisnya ketersediaan air bersih akibat musim kemarau panjang yang melanda wilayah Kabupaten Cilacap membuat warga tidak tahan. Kondisi ini mendorong warga Desa Bojong, Kecamatan Kawunganten, Cilacap terpaksa membuat sumur dengan cara swadaya.
Langkah ini ditempuh setelah sejumlah sumber air yang selama ini menjadi andalan warga sudah tak lagi bisa diharapkan diantaranya sumur-sumur yang berada di kawasan hutan karet, bahkan sungai yang bendung pun airnya kini mengering.

Meski ada bantuan air bersih dari pemerintah daerah, namun jumlahnya tidak mencukupi seluruh warga. Sementara jika harus mengandalkan air kemasan isi ulang dirasa kian memberatkan.

Kepala Dusun Nusadadi Desa Bojong, Kecamatan Kawunganten, Mashuri mengatakan, warga sepakat membuat sumur secara swadaya karena sumber air sudah di beberapa titik sudah tidak bisa diandalkan. Tanah yang digali untuk dibuat sumur itu berada di lahan PT KAI yang ditempati warga.

"Kami ingin segera mendapatkan air untuk kebutuhan minum dan lainnya, sehingga warga sepakat untuk membuat sumur," katanya, disela-sela mengarahkan warganya menggali sumur, Minggu (1/11/2015).

Disebutkan, untuk menggali sumur dan membuat dinding diperkirakan menghabiskan biaya sedikitnya Rp 3 juta. Uang sebesar itu merupakan patungan warga setempat.

Menurutnya, sebelum warga sepakat membuat sumur rencana semula membuat sumur pantek dengan penggerak pompa. Akan tetapi, karena dikhawatirkan warga rebutan saat mengambil air akhirnya diputuskan membuat sumur biasa dengan dinding tembok.

"Sumur kerekan jauh lebih aman, warga tinggal menimba saja. Kalau menggunakan pompa bisa-bisa warga rebutan, nanti malah timbul masalah," ujarnya.

Ditambahkan, pembuatan sumur yang diperkirakan sedalam 12 meter tersebut dilakukan secara gotong-royong.

"Minggu ini, diharapkan penggalian berikut pembuatan dinding sumur selesai dan bisa segera digunakan oleh warga," pungkasnya.



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Posting komentar anda