Des
12
2017
Today
Cuaca Cilacap 29-08-2017

Berawan
Suhu : 24-320C
Angin : 5-25 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Hindari Oli Palsu, Pemilik Bengkel Diingatkan Jangan Tergiur Tawaran Harga Murah Dari Sales
Oleh Wagino   
Kamis, 26 Januari 2017 08:41

CILACAP, (CIMED) - PT Pertamina Lubricants mengingatkan pemilik bengkel dan mekanik agar tidak tergiur tawaran oli harga murah dari sales atau orang yang mengaku pemasok pelumas harga grosir. Karena sekarang banyak beredar oli palsu dengan harga miring, sehingga merugikan konsumen.


Hal itu disampaikan Hidayat Rusdi, tim Integrated Lubricants Marketing Academy (ILMA) saat memberikan materi product knowledge pelumas kepada pemilik bengkel dan mekanik di wilayah Kabupaten Cilacap dalam acara Kunjungan Pabrik dan Edukasi “Mengenal Lebih Dekat Industri dan Produk Pelumas Pertamina". Acara tersebut digelar di area pabrik Pertamina Lubricants Production Unit Cilacap, Rabu (25/1/2017).

Materi yang disampaikan Hidayat Rusdi diantaranya sifat-sifat fisik pelumas secara umum, klasifikasi pelumas mesin bensin,  apa saja jenis pelumas Pertamina, bagaimana performance level tiap pelumas, dan aplikasinya yang sesuai.

Rusdi menekankan, berkaitan dengan jaminan produk ada beberapa perhatian untuk dijadikan catatan oleh pemilik bengkel atau mekanik, diantaranya menghindari produk pelumas palsu.

"Hal ini selayaknya diketahui mekanik atau pemilik bengkel agar tidak membahayakan konsumen," tandasnya.

Disebutkan, ada lima hal yang bisa diperhatikan untuk membedakan oli asli apa palsu yakni cek tutup botol, ring botol, seal alumunium, stiker, dan botol bagian bawah.

"Dalam tutup botol terdapat nomor batch produksi, letaknya simetris antara nomor atas dan bawah. Kondisinya jelas dan tegak. Untuk ring botol, ring melekat di badan botol dan putus bila dibuka tutup botolnya. Untuk seal alumunium ada logo dan melekat di badan botol. Lihat pula stiker gambar akan muncul tulisan Pertamina apabila disinari ultraviolet. Terakhir, terdapat ciri botol bagian bawah seperti lambang HDPE, logo Pertamina, dan Kode Produksi Botol,” papar Rudi.

Oleh karena itu, Rusdi meminta agar pemilik bengkel membeli dari distributor maupun agen pelumas yang resmi. Hal itu untuk menghindari pelumas yang dijual kepada konsumen adalah palsu.

Tanggung Jawab Perusahaan

Sementara itu Manajer Production PT. Pertamina Lubricants Unit Cilacap, Agus Mahyudin mengatakan, Pertamina melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) kepada konsumen melalui kegiatan edukasi dan kunjungan pabrik. Kegiatan ini melibatkan 30 pemilik bengkel yang ada di wilayah Kabupaten Cilacap.

“Kegiatan ini memang khusus ditujukan kepada para pemilik bengkel sebagai bentuk tanggung jawab sosial kami kepada konsumen. Kami memiliki tanggung jawab untuk memberikan edukasi, pengetahuan, informasi terbaru berkaitan dengan pelumas, produk dari Pertamina Lubricants," kata Agus.

Menurutnya, kegiatan ini menjadi penting agar pemilik bengkel atau mekanik mampu memberikan informasi yang tepat mengenai produk pelumas kepada para pelanggan.

"Pada akhirnya kenyamanan dan kepuasan pelanggan menjadi meningkat,” ujarnya.

Usai sesi product knowledge, peserta diajak untuk Plant Visit. Para pemilik bengkel berkunjung langsung ke pabrik untuk melihat proses produksi Pelumas Pertamina. Harapannya, melalui kunjungan pabrik pemilik bengkel mengetahui kualitas produk pelumas Pertamina.

Dalam kesempatan tersebut, Bambang Wahyudi, pemilik Bodee Motor yang ikut serta dalam kegiatan tersebut menuturkan menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan Pertamina Lubricants.

“Kegiatan ini bagus semoga bisa diselenggarakan rutin untuk menambah pengetahuan dan untuk memajukan kualitas teknis bengkel di Cilacap," tuturnya.

Senada, Ketut Jatmiko, pemilik Baru Jaya Motor berpendapat kegiatan ini memberikan banyak manfaat dan menambah persaudaraan.

 



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Posting komentar anda