Okt
20
2020
Today
Cuaca Cilacap 01-09-2020

Berawan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Perahu Nelayan Dihantam Gelombang, Satu Orang Hilang
Oleh Wagino   
Jumat, 25 Juli 2008 09:16

CILACAP – Nasib naas kembali menimpa nelayan Cilacap. Sebuah perahu fiber jenis jukung kathir (bersayap, red), Jum’at (25/7) sekitar pukul 06.00 terhempas oleh gelombang tinggi di sekitar perairan TPI Lengkong. Akibatnya perahu  dengan empat orang awak yang hendak melaut terbalik, satu diantaranya dilaporkan hilang.

Informasi yang berhasil dihimpun dari salah satu korban yang selamat yakni Kasan Sumarno (55) warga RT 03/01 Desa Adireja Wetan, Kecamatan Adipala, ketika itu mereka berempat bersama San Sumarto (43), Wandi (19) dan Darman (45) hendak berangkat melaut dengan perahu Mina Cilacap 30.

Ketika memasuki barisan gelombang terakhir sekitar 100 meter dari bibir pantai tiba-tiba perahu dihantam oleh gelombang setinggi 3 meter. Hantaman pertama hanya mengakibatkan kathir patah. Kemudian disusul hantaman kedua yang menyebabkan perahu yang meraka tumpangi terbalik. Hantaman kedua membuat mereka berempat jatuh kelaut. Pada hantaman ketiga perahu berhasil pada posisi semula. Ketiga nelayan yakni Kasan Sumarno, Wandi dan San Sumarto tekong sekaligus pemilik perahu berhasil menyelamatkan diri dengan perpegangan perahu. Sementara Darman tidak berhasil menyelamatkan diri.

Darman alias Mandiharjo adalah warga RT 02/RW10 Desa Menganti Kecamatan Kesugihan korban perahu naas hingga saat ini belum diketemukan. Berdasar pantauan CilacapMedia.com, saat ini warga nelayan setempat bersama Pol Airud berupaya melakukan pencarian dengan menyisir pantai sekitar TPI Lengkong.

Kejadian perahu nelayan dihantam gelombang di lokasi yang sama hanya berselang tiga pekan, yang menelan korban satu nelayan yang bernama Wakim, warga Jalan Laut RT 02/RW 13 Kelurahan Mertasinga, Kecamatan Cilacap Utara.