Nov
18
2018
Today
Cuaca Cilacap 07-06-2018

Berawan
Suhu : 24-320C
Angin : 5-25 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
P3A Tirta Rahayu Masuk Lima Besar Lomba OP Irigasi Tingkat Nasional
Oleh Wagino   
Senin, 05 Juni 2017 07:51

CILACAP, (CIMED) - Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Tirta Rahayu Desa Bojongsari Kecamatan Kedungreja mewakili Jawa Tengah dalam lomba OP irigasi partisipatif P3A tingkat nasional tahun 2017. Pada tahap penilaian presentasi P3A Tirta Rahayu masuk lima besar dengan menempati peringkat ketiga. Dengan demikian berhak mengikuti tahap selanjutnya yakni verifikasi lapangan yang akan dilaksanakan pada 5-16 Juni.


Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Kabupaten Cilacap Saeful Hidayat S.IP, ST, MM mengatakan dalam lomba OP irigasi partisipatif P3A yang digelar di Serpong, Kota Tangerang, Provinsi Banten pada 21-24 Mei 2017 lalu Jawa Tengah diwakili P3A Tirta Rahayu Desa Bojongsari Kecamatan Kedungreja.

"Lomba diikuti 17 peserta yang mewakili daerah masing-masing, termasuk P3A Tirta Rahayu Desa Bojongsari yang mewakili Provinsi Jawa Tengah," kata Saeful yang turut mendampingi P3A Tirta Rahayu ke Serpong, Banten, Jumat (2/6/2017).

Dijelaskan, penilaian lomba meliputi dua tahapan yaitu penilaian presentasi dan verifikasi lapangan. Hasil pada penilaian presentasi Cilacap berhasil meraih poin 400,4 sementara berada diperingkat ketiga, selisih 24,15 poin dibawah peringkat pertama yang diraih wakil dari DIY. Peringkat kedua diduduki wakil asal Jawa Timur, selisih poin 18,25. Disusul wakil Sulsel dan NTT yang menempati peringkat keempat dan kelima.

"Peserta yang menduduki peringkat kesatu, kedua hingga kelima berhak mengikuti tahap selanjutnya yaitu penilaian tinjauan lapangan atau verifikasi lapangan. Pelaksanaan tinjauan lapangan akan dilakukan pada 5-16 Juni," jelasnya tanpa menyebut kapan jadwal verifikasi lapangan di Cilacap.

Menurut Saeful, untuk tinjauan lapangan, Cilacap sudah siap. Sepulang dari Serpong langsung terjun ke lapangan untuk persiapan menyambut tim penilaian.

"Secara umum lapangan sudah siap dari Dinas PSDA terus melakukan pendampingan. Kemudian dari sisi administrasi juga sudah dibenahi," ujar Sekretaris Dinas PSDA sekaligus PLT Kepala Dinas PSDA ini.

Lebih lanjut dikatakan, kondisi lapangan yang akan ditinjau kondisinya sama dengan apa yang dipaparkan didepan para juri. Sehingga, lanjut dia, peluang untuk menjadi juara nasional tahun ini sangat terbuka meski pada penilaian paparan berada diperingkat ketiga.

"Harapannya bisa jadi juara agar Cilacap bisa kembali menjadi juara pertama P3A tingkat nasional. Seperti pada tahun 2004 dimana P3A Karya Bakti Kecamatan Kedungreja menjadi juara pertama, dan P3A Melati yang berada di bawah BBW Serayu Opak menjadi juara pertama pada tahun 2008," tandasnya.

Ditambahkan, tujuan mengikuti lomba bukan semata-mata menjadi juara, tetapi lebih menekankan pada unsur pembinaan.

"Yang terpenting adalah menimba ilmu dari kandidat lainnya, serta bisa mengimplementasikan kegiatan yang dilombakan di lapangan," pungkasnya.



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Posting komentar anda