Des
12
2017
Today
Cuaca Cilacap 29-08-2017

Berawan
Suhu : 24-320C
Angin : 5-25 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
P3A Tirta Rahayu Berpeluang Raih Juara Nasional
Oleh Wagino   
Rabu, 05 Juli 2017 10:28

CILACAP, (CIMED) - Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Tirta Rahayu Desa Bojongsari Kecamatan Kedungreja Kabupaten Cilacap yang mewakili Provinsi Jawa Tengah dalam lomba Operasi dan Pemeliharaan (OP) irigasi partisipatif P3A tingkat nasional tahun 2017 berpeluang jadi juara. Pasalnya, Dewan juri dari Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menilai hanya Cilacap memenuhi standar nasional pendoman OP irigasi.


Hal tersebut dikatakan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Kabupaten Cilacap Saeful Hidayat S.IP, ST, MM saat persiapan menunggu pengumuman hasil lomba OP irigasi partisipatif P3A tingkat nasional tahun 2017.

"Setelah diterima Bupati Cilacap, tim penilai langsung menuju lapangan untuk memeriksa administrasi. Alhamdulilah semua administrasi yang dinilai sesuai dengan harapan dewan juri. Selesai memeriksa administrasi, tim juri kemudian meninjau lapangan," kata Saeful, Selasa (4/7/2017).

Saeful mengungkapkan, setelah meninjau lapangan pada Jumat (16/6/2017) lalu, dewan juri menilai dari lima provinsi yang masuk nominasi lima besar nasional, salah satunya yang memenuhi standar nasional pendoman OP irigasi itu hanya Kabupaten Cilacap Provinsi Jawa Tengah.

"Dewan juri sangat bangga melihat kondisi lapangan irigasi di Kabupaten Cilacap. Terbukti masyarakat juga sangat mematuhi SK pola tanam Bupati, hal itu bisa dilihat disitu dari tanaman padi yang ditanam serentak. saat juri datang tanaman padi dalam kondisi angkatan menguning secara keseluruhan di wilayah daerah irigasi Menganti," ungkap Sekretaris Dinas PSDA Cilacap ini.

Kemudian yang kedua, lanjut dia, masalah aspek teknis. Dimana untuk papan eksploitasi sebagai papan informasi kondisi irigasi hanya di Kabupaten Cilacap yang terpampang di pintu air.

"Intinya, setelah meninjau lapangan, kesan dan pesan dari dewan juri sangat bangga dengan kondisi irigasi di Cilacap. Mudah-mudahan, dari hasil paparan menduduki peringkat ketiga bisa berbalik menjadi juara satu lomba OP Irigasi partisipatif tingkat nasional," tandasnya.

Saeful menyebutkan, pengumuman hasil lomba P3A tingkat nasional akan diumumkan di Jakarta pada Kamis (6/7/2017) besok. Hanya saja dirinya tidak tahu hadiah yang disediakan oleh Dirjen PSDA Kementrian PUPR untuk pemenang.

"Apapun hadiahnya yang terpenting adalah bisa mengimplementasikan ilmu dari pada yang dilombakan. Jadi untuk bisa mencari sumber daya manusia yang teladan supaya bisa mengembangkan P3A yang handal yang profesional di seluruh Kabupaten Cilacap," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada tahap penilaian paparan dalam lomba OP irigasi partisipatif tingkat nasional 2017, Jawa Tengah yang diwakili P3A Tirta Rahayu Desa Bojongsari Kecamatan Kedungreja sementara berada di peringkat ketiga dengan mengumpulkan poin 400,4. Sementara peringkat pertama ditempati wakil DIY yang meraih poin 424,55 dan wakil Jawa Timur menempati peringkat kedua dengan total nilai 418,65. Sedangkan peringkat keempat dan kelima ditempati wakil Sulawesi Selatan dan NTT.

 



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Posting komentar anda