Sep
26
2017
Today
Cuaca Cilacap 29-08-2017

Berawan
Suhu : 24-320C
Angin : 5-25 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Horee...!!! Jembatan Kali Gatel Di Perbatasan Cilacap - Banyumas Dibangun
Oleh Wagino   
Rabu, 13 September 2017 21:25

CILACAP, (CIMED) - Guna memperlancar jalur transportasi darat dan meningkatkan laju perekonomian di perbatasan Cilacap - Banyumas, Pemerintah Kabupaten Cilacap membangun jembatan penghubung antara Kecamatan Nusawungu dan Kecamatan Sumpiuh. Jembatan yang dibangun diatas Kali Gatel itu menelan anggaran Rp 12 miliar dan digarap bertahap.


Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Cilacap Alexander Ristiyanto didampingi Kepala Bidang Bina Marga Wahyu Ari Pramono mengemukakan, dalam perkembangannya, ruas jalan Nusawungu-Sumpiuh makin padat karena menjadi jalan alternatif kendaraan besar yang akan menuju ke Cilacap dari arah Sumpiuh maupun sebaliknya. Hal ini karena lalu lintas pada ruas Sumpiuh-Buntu dari hari ke hari semakin padat.

"Pada ruas Nusawungu-Sumpiuh sudah ada jembatan diatas Kali Gatel. Namun kendaraan yang melintas terutama roda empat saat papasan harus bergantian, harus satu per satu. Kondisi jalan menanjak juga merepotkan para pengendara yang antre masuk jembatan. Sehingga pelebaran jembatan mendesak dilakukan," kata Risti, Rabu (13/9/2017).

Dijelaskan, setelah dilakukan kajian teknis detail engineering design (DED) usulan pelebaran jembatan itu kemudian diputuskan untuk membangun jembatan baru di sebelah jembatan lama. Pembangunan jembatan dengan panjang 60 meter dan lebar 6 meter itu dianggarkan Rp 12 miliar. Dari total anggaran tersebut Rp 5 miliar diantaranya berasal dari bantuan keuangan Provinsi Jawa Tengah, selebihnya ditanggung Pemkab Cilacap dan Banyumas.

"Pembangunan jembatan Kali Gatel dikerjakan bertahap. Tahap pertama untuk mengerjakan bangunan bawah dengan sumber dana dari bantuan keuangan Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp 5 miliar," jelasnya.

Risti melanjutkan, untuk pembangunan jembatan tahap pertama lelang sudah selesai, disamping itu rekomendasi teknis dari Balai Besar Wilayah Sungai Serayu - Opak juga sudah turun.

"Sekarang tinggal pelaksanaan pekerjaan bangunan bawah jembatan. Sedangkan tahap berikutnya yaitu pekerjaan atas direncanakan dilanjutkan tahun 2018. Untuk pekerjaan atas nantinya ditanggung bersama dengan Kabupaten Banyumas dan kita sudah lakukan koordinasi," bebernya.

Ditambahkan, setelah jembatan baru jadi, jembatan lama tetap difungsikan. Namun tidak tertutup kemungkinan akan dibongkar. Diharapkan, setelah jembatan jadi arus lalu lintas pada ruas Nusawungu-Sumpiuh yang menjadi jalur alternatif menjadi lancar.

"Kita berharap dengan jembatan baru tarnsportasi menjadi lancar dan meningkatkan perekonomian di perbatasan Nusawungu-Sumpiuh," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama Kabid Bina Marga Wahyu Pramono mengungkapkan, jembatan baru yang dibangun memiliki bentang 60 meter dengan menggunakan kontruksi beton dan rangka baja. Rinciannya, 10 meter pada kedua ujung menggunakan kontruksi beton dan bentang 40 meter menggunakan kontruksi rangka baja.

Wahyu menambahkan, pekerjaan tahap pertama pembangunan jembatan Kali Gatel berasal dari bantuan keuangan Provinsi Jawa Tengah 2017 dengan alokasi sebesar Rp 5.000.000.000. Pekerjaan tersebut dimenangkan oleh PT. Karya Adi Kencana dengan nilai Rp 4.444.444.000.

 



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Posting komentar anda