Nov
17
2019
Today
Cuaca Cilacap 09-08-2019

Berawan
Suhu : 24-320C
Angin : 5-25 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
800 Pelajar Ikuti MTQ Ke-34 Tingkat Kabupaten
Oleh Wagino   
Senin, 02 September 2019 11:52

CILACAP, (CIMED) – Sebanyak 800 pelajar SD-SMA/SMK se-Kabupaten Cilacap mengikuti Musabaqoh Tilatawil Quran (MTQ) Pelajar ke-34 tingkat Kabupaten Cilacap yang dipusatkan di Pendapa setempat, Senin (2/9). Pelaksanaan kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Cilacap, Tatto Suawarto Pamuji.


Kepala Bagian Humas dan Protokol yang juga PLT Kepala Bagian Kesra Sekretariat Daerah Cilacap Taryo, dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan diadakannya MTQ Pelajar ini adalah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan Kepada Allah SWT. Selain itu juga untuk meningkatkan minat dan bakat seni baca Al-Qur’an dikalangan pelajar dan masyarakat.

“Dengan MTQ Pelajar ini dimaksudkan untuk mencari peserta terbaik tingkat Kabupaten Cilacap yang kemudian dipersiapkan untuk maju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah bahkan ke jenjang yang lebih tinggi,” kata Taryo, Senin (2/9).

Taryo menjelaskan, MTQ dilaksanakan pada hari Senin (2/9) di komplek pendapa Wijayakusuma Cakti Pemkab Cilacap dengan jumlah undangan dan khafilah sebanyak 800 orang. Rinciannya, lanjut dia, undangan 66 orang, cabang Tilawah SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA 144 anak, cabang Tartil SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA 144 anak, cabang Tahfidz 1 Juz dan Tilawah SMP/MTs 48 anak, cabang Tahfidz 5 Juz dan Tilawah SMA/MA 48 anak, Dewan Hakim, Panitia, Pendamping dan Kafilah sebanyak 350 orang.

"Hasil dari MTQ pelajar ini nantinya untuk juara satu akan mewakili peserta MTQ Pelajar tingkat Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 28-31 Oktober 2019 bertempat di Asrama Haji Donohudan Solo," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai ajang seleksi dalam mencari bibit-bibit qori dan qoriah terbaik di Kabupaten Cilacap. Serta untuk mengukir prestasi di masa-masa mendatang sebagai duta pada tingkat perlombaan yang lebih tinggi

“Melalui MTQ ini diharapkan menjadi ajang mengasah kemampuan bagi para Qori dan Qoriah di Kabupaten Cilacap serta mempersiapkan generasi Qur’ani yang berkemampuan menerapkan gerakan dakwah Islam rahmatan lil alamin,” kata Bupati.

Bupati berharap agar kegiatan ini bukan hanya sebagai sebuah acara rutin atau ajang menang dan kalah.

"Yang lebih penting adalah menjadikan MTQ ini sebagai motivasi bagi umat Islam Kabupaten Cilacap untuk membumikan Al Quran dalam dunia nyata. Dan menjadikan Al Qur’an sebagai pedoman dalam menciptakan tatanan kehidupan yang harmonis," harapnya.

Kepada peserta MTQ Bupati berpesan agar  menunjukkan kemampuan, pengetahuan dan pemahaman Al Qur’an dengan baik. Sehingga akan mendapatkan qori dan qoriah, hafidz dan hafidzah terbaik yang akan membawa nama harum Kabupaten Cilacap pada event MTQ di tingkat yang lebih tinggi.

 



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Posting komentar anda