Agu
14
2020
Today
Cuaca Cilacap 03-08-2020

Berawan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
533 Orang Tenaga Kesehatan dan Gugus Tugas Jalani Tes PCR, Satu Positif COVID-19
Oleh Wagino   

CILACAP, (CIMED) - Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap telah melaksanakan tes PCR (swab test) masif tahap dua. Swab yang digelar pada 22 Juni hingga 6 Juli lalu menyasar tenaga kesehatan dan Gugus Tugas Kecamatan. Dari jumlah 533 orang yang menjalani tes PCR, satu diantaranya dinyatakan positif COVID-19.


"Tes massal tahap dua sudah dilaksanakan dengan sasaran tenaga kesehatan dan Gugus Tugas Kecamatan. Jumlah yang diperiksa sebanyak 533 orang," kata Kepala Dinas Kabupaten Cilacap, dr. Pramesti Griana Dewi, Selasa (14/7/2020).

Premasti menyebutkan, dari 533 orang yang diperiksa 532 dinyatakan negatif. Sedangkan satu orang dinyatakan positif COVID-19.

"Yang positif langsung diisolasi dan swab kedua, serta dilakukan tracing dan testing  pada semua kontaknya," ungkapnya.

Berikutnya, lanjut dia, rencana tes PCR masif tahap ketiga akan dimulai 27 Juli mendatang. Sasarannya secara sampling diantaranya penderita penyakit penyerta atau komorbid seperti hipertensi, DM, jantung, ginjal kronis, penyakit paru dan kanker. Target sasaran minimal 20 orang dari setiap puskesmas.

"Kemudian tenaga kesehatan fasilitas pelayanan kesehatan swasta. PCR juga menyasar pasien rutin tindakan HD (cuci darah), penghuni panti jompo dan sampling santri Ponpes. Rencana pelaksanaan secara bertahap hingga mencapai 1.350 swab test," rincinya.

Disinggung mengenai satu orang yang dinyatakan positif, Pramesti menyebut merupakan seorang karyawan salah satu Puskesmas. Kemungkinan tertular oleh anaknya yang pulang dari Surabaya dan lebih dulu positif.

Sedangkan terkait dengan PCR massal di pasar, Pramesti menambahkan, dilaksanakan pada tahap selanjutnya.