Sep
30
2020
Today
Cuaca Cilacap 01-09-2020

Berawan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Operasi Patuh Candi 2020 Dimulai, Sasar Pelanggar Hingga Edukasi Protokol Kesehatan COVID-19
Oleh Wagino   
Kamis, 23 Juli 2020 10:31

CILACAP, (CIMED) - Di tengah penerapan masa adaptasi kebiasaan baru, untuk pertama kalinya Kepolisian Resor (Polres) Cilacap mengadakan operasi lalu lintas dengan sandi Operasi Patuh Candi 2020. Operasi patuh kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pasalnya tidak hanya menertibkan pelanggar, tapi juga penertiban protokol kesehatan COVID-19.


"Polres Cilacap melaksanakan Operasi Patuh Candi 2020 yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Polda Jawa Tengah dan Indonesia. Ini untuk pertama kalinya operasi patuh dilaksanakan ditengah pandemi COVID-19 yang dilaksanakan selama 14 hari kedepan terhitung 23 Juli sampai dengan 5 Agustus 2020," kata Kapolres Cilacap, AKBP Dery Agung Wijaya usai memimpin apel gelar pasukan Operasi Patuh Candi 2020 di Mapolres setempat, Kamis (23/7/2020).

Dijelaskan, pelaksanakan Operasi Patuh Candi 2020 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena tidak hanya menertibkan pelanggar lalu lintas, tapi penertiban protokol kesehatan COVID-19. Operasi ini bertujuan untuk meningkatkan ketertiban lalu lintas masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

"Operasi patuh ini pelaksanannya lebih mengedepankan tindakan preemtif 40%, kemudian preventif 40% dan penegakan hukum 20%. Jadi ada edukasi tentang protokol kesehatan COVID-19. Petugas mengutamakan pencegahan dan edukasi lebih dahulu. Selebihnya berupa teguran, sosialisasi dan ajakan untuk mentaati aturan lalu lintas, menggunakan masker dan sarung tangan karet saat berkendara motor," jelasnya.

Adapun prioritas sasaran pelanggaran, lanjut Kapolres, yakni pelanggaran helm, melawan arus dan kelengkapan kendaraan.

"Operasi ini juga sebagai persiapan menyambut Hari Raya Idul Adha pada 31 Juli nanti. Diperkirakan mendekati Idul Adha akan adan peningkatan kegiatan kemasyarakatan, khususnya ditempat-tempat hiburan maupun wisata," papar Kapolres.

Karenanya, Kapolres menghimbau masyarakat untuk mematuhi aturan lalu lintas, menyiapkan kendaraan yang akan dibawa, baik surat-surat maupun fisik kendaraan. Dan jangan lupa bersama-sama mendukung upaya mencegah terjadinya penyebaran COVID-19.

"Khususnya selama operasi patuh ini masyarakat dihimbau melaksanakan kegiatan seperti biasa dengan tetap mematuhi aturan lalu lintas, lengkapi surat-surat kendaraan dan mengedepankan keselamatan selama masa pandemi COVID-19 dengan mengenakan masker dans arung tangan plastik," tandasnya.  

Disinggung mengenai tingkat pelanggaran dan angka kecelakaan selama masa pandemi COVID-19, AKBP Dery mengatakan, menurun dibanding sebelum masa pandemi COVID-19.

"Untuk wilayah Kabupaten Cilacap sejak masa pandemi COVID-19, dikarenakan banyaknya kendaraan tidak beroperasi dimana adanya anjuran pemerintah untuk stay at home, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas dikategorikan menurun," pungkasnya.