Sep
28
2020
Today
Cuaca Cilacap 01-09-2020

Berawan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Jadi Pilot Project Industri Siaga COVID-19, Pekerja S2P Harus Disiplin
Oleh Wagino   
Selasa, 04 Agustus 2020 19:05

CILACAP, (CIMED) - Polres Cilacap bersama Forkopimda setempat menunjuk PT Sumber Segara Primadaya (S2P), PLTU Cilacap sebagai pilot project untuk industri siaga COVID-19 di Kabupaten Cilacap. Percontohan industri siaga sangat penting dalam adaptasi kehidupan baru sekaligus mendisiplinkan pekerja sebagai polisi bagi dirinya sendiri dalam menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19.


Kapolres Cilacap, AKBP Dery Agung Wijaya menyampaikan, adaptasi kebiasaan baru bukan hanya menjadi hanya tanggungjawab pemerintah atau pun TNI / Polri, namun tanggung jawab bersama.  

"Karena masyarakat sebagai garda terdepan harus betul-betul disiplin dalam menerapkan adaptasi kebiasaan baru," kata Kapolres Cilacap saat pencanangan industri siaga COVID-19 di lingkungan PLTU Cilacap yang dikelola PT S2P yang berada di Desa Karangkandri, Kecamatan Kesugihan, Selasa (4/8/2020).

Dalam hal ini, lanjut Kapolres, pihaknya telah menunjuk PT S2P atau PLTU Cilacap sebagai pilot project untuk industri siaga Covid-19 di Kabupaten Cilacap.

"Penunjukkan PT S2P bukan serta merta, bukan karena kedekatan dengan pimpinannya atau karena apa. Tapi berdasarkan penilaian Forkopimda, berdasarkan syarat adminsitrasi dan syarat sarana prasarana terpenuhi. Karena itulah ditunjuk S2P sebagai pilot project industri Siaga COVID-19 di Kabupaten Cilacap," tandasnya.

Diharapkan dengan adanya penunjukkan S2P sebagai pilot projcet sebagai industri siaga COVID-19 akan diikuti oleh industri-industri lain.

Kapolres menekankan, meski sebagai pilot project bila tidak ditaati secara maksimal. Dimana para pekerja tidak memposisikan dirinya sebagai polisi untuk dirinya sendiri, tidak akan berjalan.

"Walaupun disana sudah ada contoh yang baik yang bisa dikatakan canggih, kemudian alat pencuci tangan, menggunakan masker namun tidak ada kedisiplinan, tetap percuma. Karena itulah, kita mulai dengan adaptasi kebiasaan baru," tegasnya.

Dia mencontohkan,salah satunya bagaimana caranya kita membiasakan berbicara dengan menggunakan masker. Jangan menggunakan masker ketika ada pimpinan saja, setelah itu masker dikantongi. Itu bukan adaptasi kebiasaan baru, tapi hanya untuk menghindari kena takut marah atau ditindak.

"Disinilah kita minta para pekerja, khususnya kepada pilot project industri siaga COVID-19 Kabupaten Cilacap agar betul-betul tertib dalam pelaksanaannya. Kami dari Forkopimda tidak akan mungkin bisa mengawasi 24 jam pelaksanaan industri siaga COVID-19," kata Kapolres.

Oleh karena itu, Kapolres minta peran pengawasan internal PT S2P PLTU Cilacap dan juga kedisiplinan masing-masing personel yang ada.

"Jadikan ini kebiasaan baru, buatlah nyaman tetap dengan protokol kesehatan supaya mata rantai COVID-19 ini betul-betul terputus dan di wilayah Kabupaten Cilacap jadi zero kedepannya," pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji yang bersama-sama unsur Forkopimda meninjau sejumlah tempat untuk menjadi lokasi percontohan penerapan adaptasi kebiasaan baru siaga COVID-19, salah satunya di PLTU Cilacap.