Nov
24
2020
Today
Cuaca Cilacap 01-09-2020

Berawan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Cilacap Ingin Bangun Lab PCR Sendiri
Oleh Wagino   
Minggu, 23 Agustus 2020 14:31

CILACAP, (CIMED) - Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui RSUD Cilacap dalam waktu dekat akan membangun laboratorium polymerase chain reaction (PCR) diperuntukan untuk memeriksa hasil tes swab baik masif maupun pasien yang terindikasi COVID-19. Pasalnya, selama ini hasil yang dikirimkan ke Lab di luar Cilacap baru diketahui 5-10 hari kemudian. Anggaran yang bersumber dari APBD telah disiapkan sekitar Rp 5 miliar.


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, dr. Pramesti Griana Dewi menjelaskan, Kabupetan Cilacap sangat membutuhkan dan saat ini sangat urgen untuk memeriksa spesimen PCR secara mandiri hasil tes swab. Sehingga pembangunan laboratorium PCR sudah sangat mendesak.

"Sedang dalam berproses. Saat ini RSUD sedang mendatangkan calon-calon vendor untuk memaparkan tendernya masing-masing. Nanti akan dilakukan perbandingan untuk proses selanjutnya," jelas Pramesti yang juga PLT Direktur RSUD Cilacap, Rabu (19/8/2020).

Pramesti mengakui, sebelum adanya pandemi COVID-19 tidak ada usulan pada APBD 2020 definitif membangun laboratorium PCR. Namun setelah terjadi pandemi dan hasil tes swab yang dikirim ke laboratorium di luar Cilacap harus menunggu lama, sehingga kemudian mengusulkan membangun sendiri. Anggaran tersebut berasal dari refocusing APBD 2020.

"Anggaran yang diusulkan sekitar lima miliar," ungkapnya.

Anggaran sebesar itu untuk memenuhi peralatan laboratorium. Sedangkan bangunannya, lanjut dia, memanfaatkan gedung B RSUD Cilacap yang baru selesai dibangun.

"Gedung B RSUD lantai dua memang direncanakan untuk laboratorium. Ruangannya cukup luas. Karena kondisinya sangat urgent, kita targetkan sekitar dua bulan sudah tuntas," paparnya.

Ditambahkan, selain peralatan, sumber daya manusia (SDM) untuk laboratorium PCR juga masih kurang. Diharapkan tidak lama lagi SDM untuk laboratorium PCR segera disiapkan. Sehingga, hasil tes swab tidak lagi menunggu lama.