Okt
30
2020
Today
Cuaca Cilacap 01-09-2020

Berawan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
PLTU Cilacap Bantu Atasi Abrasi Sungai Serayu
Oleh Wagino   
Minggu, 30 Agustus 2020 11:11

KESUGIHAN, (CIMED) - Ratusan karung berisi tanah urugan ditumpuk di sepanjang bantaran Sungai Serayu yang berada di Dusun Winong, Desa Slarang, Kecamatan Kesugihan. Karung berisi tanah urug itu digunakan untuk membuat tanggul Sungai Serayu yang terkena abrasi.


Selain tumpukan karung, tanggul penahan abrasi diperkuat dengan urugan tanah yang dikirim langsung oleh PT Sumber Segara Primadaya (S2P) PLTU Cilacap.

Menurut General Manager Unit 1 dan 2 pada PLTU Cilacap Sugeng, sebenarnya abrasi tersebut terjadi lantaran adanya perubahan iklim yang mengakibatkan angin kencang dan ombak besar.

"Selain itu, semua sungai itu wewenang BBWS Serayu-Opak. Jadi terkait abrasi yang menggerus tanah di sepanjang sungai itu wewenang BBWS Serayu-Opak. Dan yang terkena abrasi adalah tanah yang sudah dibeli oleh PLTU," ujar Sugeng.

Meski demikian, lanjut Sugeng, PT S2P membantu penanganganan abrasi Sungai Serayu yang berdekatan dengan Dusun Winong.

"Kita nggak mungkin diam-lah kalau tetangga kesusahan," ungkapnya.

Dikatakan, S2P membantu masyarakat dalam penanggulangan abrasi tahunan yang terjadi di garis Dusun Winong, yakni dengan melakukan pengurugan.

Dihubungi terpisah Camat Kesugihan Basuki Priyo Nugroho menjelaskan, pemerintah sudah mengajukan ke Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu-Opak, dan akan diajukan ke pusat.

"Namun hingga sekarang belum. Itu pengajuan untuk tahun depan, sepanjang disetujui pusat," jelasnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap juga turut membantu karung untuk diisi tanah bantuan dari PLTU guna menanggul pinggiran sungai agar tidak terus menggerus tanah warga. (gin)