Jan
26
2021
Today
Cuaca Cilacap 08-01-2021

Berawan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Waspada Cuaca Ekstrem, Bencana Alam Intai Cilacap Barat
Oleh Wagino   
Selasa, 05 Januari 2021 18:03

CILACAP, (CIMED) - Masyarakat di wilayah Jawa Tengah bagian selatan diimbau untuk mewaspadai potensi terjadinya hujan lebat hingga 10 Januari 2021. Potensi dampak hujan lebat bisa mengakibatkan bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan angin kencang khususnya di wilayah Cilacap Barat.


Analis Cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan menjelaskan, berdasarkan analisis kondisi dinamika atmosfer menunjukkan masih adanya konvergensi akibat sirkulasi siklonik di Selatan Pulau Sumatera yang berkontribusi terhadap proses pembentukan awan hujan di wilayah Jawa Tengah.

"Selain itu beberapa hari kedepan potensi masa udara yang labil serta kelembapan udara yang cukup tinggi dari lapisan bawah hingga lapisan atas," jelas Rendi, Selasa (5/1/2021).

Lebih lanjut Rendi menerangkan, berdasarkan kondisi tersebut BMKG Ahmad Yani Semarang memprakirakan dalam periode tiga hari ke depan potensi cuaca ekstrem dan curah hujan dengan intensitas yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Jawa Tengah.

"Untuk wilayah Kabupaten Cilacap hujan lebat diperkirakan terjadi di Cilacap Selatan, Kampung Laut, Cilacap Tengah, Adipala, Kroya, Maos, Sampang, Jeruklegi, Kesugihan, Cilacap Utara, Kawunganten, Bantarsari, Patimuan, Gandrungmangu, Kedungreja, Sidareja, Karangpucung, Cimanggu, Cipari, Wanareja, Dayeuhluhur, Majenang," terangnya.

Terkait dengan masih adanya potensi hujan yang bisa mengakibatkan dampak bencana alam hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor khususnya di wilayah Cilacap Barat, diharapkan masyarakat untuk selalu waspada.

Ditambahkan, berdasarkan peta prakiraan deterministik curah hujan yang dirilis oleh Stasiun Klimatologi Semarang, bahwa pada dasarian ke-1 bulan Januari 2021, tanggal 1 hingga 10 Januari 2021 di Wilayah Kabupaten Cilacap, Banyumas, Kebumen, dan Banjarnegara masih berpotensi jumlah curah hujan dalam kategori tinggi berkisar 151 hingga 200 milimeter per dasarian.