Mar
01
2021
Today
Cuaca Cilacap 30-01-2021

Berawan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Warga Winong Kirim Surat Keberatan Kepada DPRD Soal Revisi Raperda RTRW
Oleh Wagino   
Selasa, 26 Januari 2021 15:02

CILACAP, (CIMED) - Warga yang tergabung Forum masyarakat Winong peduli lingkungan (FMWPL) mendatangi gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cilacap, Selasa (26/1/2021). Mereka datang mengirimkan legal opini dalam bentuk surat keberatan atas perubahan kawasan permukiman Dusun Winong Desa Slarang, Kecamatan Kesugihan menjadi wilayah Kawasan Peruntukan Industri (KPI) dalam Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Cilacap tentang Rencana Detail Tata Ruang Wilaya (RTRW) Tahun 2020-2040 melalui Pansus IV DPRD Kabupaten Cillacap.


Surat keberatan tersebut merupakan tindak lanjut aksi unjuk rasa warga Dusun Winong pada 23 Desember 2020 lalu. Pasalnya dalam prosesnya, draft revisi Raperda tentang RTRW tidak melibatkan masyarakat Dusun Winong.

Namun kedatangan perwakilan warga Dusun Winong tersebut tidak diterima langsung oleh wakil rakyat. Pasalnya, disamping DPRD menerapkan PPKM pada waktu yang sama anggota DPRD sedang mengikuti musrenbang wilayah di sejumlah kecamatan. Selanjutnya, diterima oleh Sekretaris Dewan Kabupaten Cilacap, Sumaryo.

Koordinator Jaringan Pemerhati Lingkungan Cilacap, Bagus Ginanjar, mengatakan, dalam penyusunan draft vevisi RTRW Cilacap baik pansus tahun 2018 maupun pansus IV DPRD Cilacap tahun 2020 tidak melakukan sosialisasi, Forum Grup Discution (FGD) atau pelibatan masyarakat dalam rencana adanya perubahan pola ruang wilayah yang di tinggali masyarakat dusun Winong.

"Karena itu kita mengajukan surat keberatan kepada DPRD," kata Bagus ditemui usai menyerahkan surat keberatan di gedung DPRD Cilacap, Selasa (26/1/2021).

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga akan melaporkan kepada Komnas HAM. Karena hak-hak warga Dusun Winong tidak terpenuhi sebagaimana diatur dalam peraturan perundangan yang berlaku di Negara Indonesia.

"Kita juga akan melakukan investigasi lebih lanjut dengan adanya dugaan temuan mal administrasi yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Cilacap baik ekseutif maupun legislatif karena tidak melakukan konsultasi publik dengan masyarakat yang punya hubungan perubahan pola ruang tersebut. Karena itu kita akan berkirim surat kepada Ombudsman pusat dan Jawa Tengah agar bisa menindaklanjuti adanya temuan dugaan mal administrasi," tandasnya.

Sekretaris Dewan Kabupaten Cilacap, Sumaryo mengatakan, aspirasi warga Dusun Winong sudah diterima dan nantinya akan diserahkan kepada pansus IV.

"Hari ini kegiatan dewan sedang peninjauan kerja, sebagian lagi sedang musrenbang di kecamatan dan tidak ada rapat pansus. Ini aspirasi dari warga Winong sudah diterima nanti akan saya serahkan kepada pansus," kata Sumaryo.