Des
08
2021
Today

Cuaca Cilacap 23-11-2021

Hujan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Antisipasi Klaster Baru, Gugus Tugas Sambangi Ponpes Ar Ridwan
Oleh Wagino   
Jumat, 19 Nopember 2021 15:20

KESUGIHAN, (CIMED) - Kabupaten Cilacap kini sudah berada pada Level 2 PPKM untuk wilayah Jawa Bali. Meski demikian tak membuat Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Kesugihan kendur. Upaya antisipasi munculnya klaster baru dari daerah lain terus dilakukan seiring dengan longgarnya kebijakan.


Salah satu antisipasi munculnya klaster baru yang dilakukan Tim Gugus Tugas Covid-19 yakni dengan mendatangi Pondok Pesantren (Ponpes) Ar Ridwan di Desa Kalisabuk, Kecamatan Kesugihan yang menggelar pengajian Haul Almahfurlah KH. Ridwan Asy Suja'i ke-50 Ponpes tersebut. Hal ini untuk memastikan sarana dan prasarana prokes Covid-19 diterapkan. Yakni menerapkan 5M yaitu menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun atau handsanitizer, memakai masker, menjaga jarak, tidak terjadi kerumunan massa dan lainnya.

Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Kesugihan yang melakukan monitoring prokes ini dipimpin langsung Kasi Trantibum Kecamatan Kesugihan didampingi Babinsa Kormil 06/Kesugihan, Bhabinkamtibmas dan Kadus Gumelar.

"Kegiatan haul harus mematuhi prokes Covid-19 dengan menerapkan 5M. Tidak mengundang jamaah dari luar daerah, kemudian agar menyiapkan masker dan tempat cuci tangan. Dan menekankan kepada panitia untuk rajin mengingatkan tentang prokes pada jamaahnya," kata Kasi Trantibum Kecamatan Kesugihan, Agus Widodo, Jumat (19/11/2021).

Agus menegaskan, penerapan prokes harus dilaksanakan agar tidak muncul klaster baru.

"Untuk itu saya tekankan sekali lagi agar prokes dilaksanakan dengan ketat pada acara nanti," tegasnya.

Menanggapi hal itu, Ketua Panitia Abdul Aziz M berjanji akan mematuhi apa yang menjadi arahan dari Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Kesugihan dan tidak mengundang jamaah dari luar daerah. Pihaknya juga mengucapkan banyak terima kasih atas arahan dari Tim Gugus Tugas.

"Terima kasih atas arahan dari Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Kesugihan. Tentu semua arahan akan kami laksanakan agar kegiatan ini juga berjalan dengan aman, tertib dan lancar," ucapnya.

Diketahui, kasus Covid-19 di Kabupaten Cilacap terus menurun. Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cilacap mencatat per Jumat19 November 2021 kasus positif aktif tercatat sebanyak sembilan orang. Adapun distribusi vaksin pada minggu ke 42 telah mencapai 1.642.552 dosis, dengan rincian disuntikkan dosis 1 sebanyak 937.345, dosis 2 sebanyak 503.692, dan dosis 3 sebanyak 4.540.