Des
08
2021
Today

Cuaca Cilacap 23-11-2021

Hujan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Aplikasi Zoom Meeting Sebagai Alternatif Media Pembelajaran di Tengah Pandemi
Oleh Wagino   
Selasa, 23 Nopember 2021 12:19

CILACAP, (CIMED) - Pandemi Covid-19 yang menyebar sejak awal tahun 2020 membuat banyak tatanan kehidupan berubah, termasuk salah satunya pola pendidikan. Lebih dari satu setengah tahun berjalan, pemerintah terus memilah dan menyesuaikan sistem pembelajaran di era pandemi agar dapat dijalankan dan diterapkan ke masyarakat hingga pelosok negeri.


Kebijakan pemerintah tentang 3M memaksa pelaku pendidikan untuk menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Proses pembelajaran yg sebelumnya dilakukan dengan tatap muka, kini harus dilakukan secara virtual. Tentunya dengan memanfaatkan teknologi informasi terkini, jaringan internet, dan gadget.

Berangkat dari permasalahan tersebut, Nofi Nur Pratiwi sebagai guru SMP Ma’arif NU 1 Majenang memilih menggunakan aplikasi Zoom meeting sebagai media dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Keputusan ini mengikuti anjuran pemerintah untuk melakukan kegiatan pembelajaran secara daring selama situasi pandemi belum memungkinkan untuk pembelajaran tatap muka. Pada praktiknya penggunaan aplikasi ini sebagai media pembelajaran tidak sepenuhnya berjalan dengan lancar. Ada beberapa kendala yg ditemui.

"Kendala yang paling utama adalah keterbatasan handphone, karena ada sebagian kecil siswa yang tidak memiliki handphone, sehingga mereka harus meminjam handphone orang tua atau tetangga terlebih dahulu sebelum mulai pembelajaran dan menginstall aplikasi ZOOM meeting," kata Nofi Nur Pratiwi.

Selain itu, kendala jaringan juga cukup mengganggu pelaksanaan pembelajaran. Kondisi di daerah siswa memang berbeda-beda dan sebagian merupakan pedesaan di pegunungan. Hal inilah yang membuat kondisi jaringan tidak begitu stabil pada saat pelaksanaan pembelajaran daring.

"Memang ada beberapa masalah, tapi semua dapat teratasi dan pembelajaran daring menggunakan aplikasi ZOOM meeting sebagai media pembelajaran dapat tetap berlangsung," pungkas Nofi.