Agu
18
2017
Today
Cuaca Cilacap 24-05-2017

Berawan
Suhu : 24-320C
Angin : 5-25 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Usai Dikritik Bupati, Website Resmi Pemkab Malah Diretas Hacker Cetak
Oleh Wagino   
Sabtu, 10 Januari 2015 20:34

CILACAP, (CIMED) - Belum genap sepekan Bupati Cilacap Tatto Suwarto mengkritik website resmi milik Pemkab yang tidak dikelola dengan baik. Kini situs resmi Pemkab Cilacap dengan alamat www.cilacapkab.go.id tak dapat diakses. Diduga portal yang berisi profil dan infomasi seputar Cilacap itu telah jadi korban tangan jahil dedemit maya (hacker, red).


Penelusuran CILACAPMEDIA.com, saat alamat situs itu dibuka hanya ada muncul tampilan halaman blank (kosong, red) yang disisipi tulisan 'Maaf, anda sementara tidak bisa mengakses situs ini karena tindakan peretasan yang anda lakukan' (http://www.cilacapkab.go.id/v2/index.php).

Padahal biasanya, pada laman muka kita bisa menjumpai berbagai informasi mulai dari profil Pemkab hingga produk hukum serta link ke beberapa website milik SKPD dan instansi lainnya. Ditambah berisi berita-berita seputar kegiatan Pemerintah Kabupaten setempat, kini hanya halaman kosong. Peretas hanya meninggalkan pesan tanpa menulis identitas. Sehingga tidak diketahui siapa yang melakukan aksi tesebut.

Namun peretasan itu tidak berimbas pada website dengan sub domain cilacapkab.go.id milik masing-masing SKPD di lingkungan Pemkab Cilacap.

Arin Nastuti, salah seorang staf Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Cilacap yang bertugas menulis berita di situs milik Pemkab Cilacap itu mengaku terkejut lantaran dirinya tak bisa mengakses. Padahal ia hendak update berita baru.

"Saya malah baru tahu kalau website tidak bisa diakses, padahal kemarin Sabtu lancar," ujar Arin, kemarin.

Sementara itu, Kabid Kominfo pada Dishubkominfo Cilacap, Sukaryanto yang dikonfirmasi melalui pesan singkat terkait kondisi website resmi Pemkab yang diretas oleh hakcer tidak memberikan jawaban.

Peretasan terhadap situs milik Pemkab Cilacap merupakan kali kedua dalam tiga minggu terakhir. Kerap menjadi sasaran pembobolan oleh hacker, tentu ini peringatan bagi para pengelola situs dilingkungan Pemkab Cilacap agar meningkatkan keamanan. Sehingga, aksi pembobolan bisa diminimalisir.

 



Share on
Facebook! Twitter! Joomla Free PHP
 

Posting komentar anda