Jul
28
2021
Today
Cuaca Cilacap 20-07-2021

Berawan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Pemkab Cilacap Gencar Rapid Test Antigen
Oleh Wagino   
Senin, 28 Desember 2020 23:25

CILACAP, (CIMED) - Pemerintah Kabupaten Cilacap mulai mengintensifkan pemeriksaan rapid test antigen untuk mencegah penularan Covid-19 diwilayahnya. Sasaran utama para pelaku perjalanan dengan tujuan ke Cilacap di Terminal Cilacap dan Karangpucung.


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, dr Pramesti Griana Dewi mengatakan bahwa hal tersebut sesuai dengan kebijakan yang sebelumnya dikeluarkan oleh Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Kementrian Perhubungan terkait rapid test antigen bagi pelaku perjalanan.

"Khususnya, hal ini untuk mengantisipasi adanya penyebaran Covid-19 pada saat perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021," kata Pramesti, Senin (28/12/2020).

Pada kegiatan yang digelar Senin (28/12) sejumlah penumpang maupun awak bus yang biasa beroperasi di Terminal Cilacap menjadi sasaran utama dalam tes rapid antigen kali ini.

"Secara teknis, petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap dalam melakukan kegiatan rapid test antigen ini sudah sesuai dan mengikuti ptokol kesehatan Covid-19. Yakni mengenakan jubah hazmat dan APD lengkap," ungkapnya.

Disebutkan, dari 20 orang yang diperiksa terdapat satu orang yang diketahui positif. Dari temuan tersebut, kemudian petugas membawanya ke Hotel @HOM Cilacap untuk menjalankan proses isolasi.

Sementara itu Al Kori selaku Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Cilacap mengakui bahwa terdapat salah satu supir bus yang dinyatakan positif Covid-19.

"Berdasarkan hasil koordinasinya dengan Satlantas Polres Cilacap maupun pihak pengelola bus, keberangkatan bus tujuan Solo tersebut dibatalkan karena faktor keselamatan masyarakat," katanya.

Ditambahkan, pembatalan dari keberangkatan bus ini tidak menimbulkan persoalan dalam layanan transportasi di terminal setempat. Sebab upaya dari Pemkab Cilacap dan Satgas Covid-19 untuk mencegah penyebaran Covid-19 juga mendapatkan dukungan dari para penumpang maupun masyarakat.