Des
08
2021
Today

Cuaca Cilacap 23-11-2021

Hujan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Kapolres Cilacap Tak Bosan Ingatkan Disiplin Prokes
Oleh Wagino   
Senin, 22 Nopember 2021 15:46

CILACAP, (CIMED) - Situasi pandemi Covid-19 saat ini di Indonesia mengalami penurunan secara signifikan. Tetapi negara-negara Eropa maupun Singapura terjadi ledakan kasus yang tidak bisa diprediksi. Kondisi di Indonesia termasuk di Jawa Tengah yang saat ini mengalami penurunan kasus bisa saja terjadi gelombang ketiga, ini bila masyarakat abai protokol kesehatan (prokes).


"Selain Polri-TNI dan pemerintah daerah, perlu peran serta aktif seluruh komponen masyarakat termasuk media massa. Insan pers bisa memberikan informasi-informasi edukasi terkait Covid-19 sehingga akhirnya masyarakat benar-benar memiliki kesadaran yang sangat tinggi untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan," kata Kapolres Cilacap AKBP Widiantoro belum lama ini.

Apalagi dalam waktu dekat akan menghadapi Natal dan Tahun Baru (Nataru). Mobilitas masyarakat diperkirakan meningkat, baik bepergian ke tempat-tempat ibadah, tempat wisata maupun pusat perbelanjaan.

"Ini juga memiliki potensi-potensi yang bisa berdampak terhadap lonjakan kasus Covid-19," ujarnya.

Ditandaskan, pandemi ini bukan persoalan Cilacap saja, akan tetapi persoalan Nasional. Dan saat ini fokus pemerintah salah satunya bagaimana untuk mengendalikan pandemi Covid-19. Karena efeknya sangat besar terhadap perkembangan perekonomian bangsa.

"Ini sudah menguras tenaga, materi untuk penanganan Covid-19. Sudah banyak anggaran yang digelontorkan dan digeser oleh negara untuk penanganan Covid-19. Segingga berdampak pada pembangunan yang sedikit terhambat," tandas Kapolres.

Selain itu, pandemi Covid-19 juga berdampak pada berkurangnya populasi penduduk Cilacap dengan bergitu cepat.

"Seperti kita ketahui bersama pada bulan Juli-Agustus lalu, di Cilacap hampir hari belasan orang meninggal dunia karena Covid-19," ungkapnya.

Untuk itu, kepada warga masyarakat Kapolres berpesan untuk tetap disiplin prokes meski sudah divaksin. Yakni dengan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, menghindari makan bersama, dan menggunakan hand sanitizer.

"Jajaran Polres Cilacap terus mensosialisasikan penerapan prokes kepada masyarakat, termasuk membagikan masker. Meski sudah divaksin tidak boleh lengah, prokes tetap diterapkan. Harapannya, pandemi segera berakhir dan masyarakat kembali beraktivitas seperti sediakala," pungkasnya.

Terpisah, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menegaskan, mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 warga Cilacap dihimbau untuk tidak mengadakan pesta menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2022.

“Dengan memasuki Level 2, bukan berarti kita bebas. Tapi kita harus memasuki New Jogo Tonggo dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat. Sebentar lagi ada Natal dan Tahun Baru, biasanya ada euforia. Saya bersama Forkopimda mengingatkan, tidak ada pesta. Sekali lagi saya tegaskan, tidak ada pesta euforia di Natal maupun Tahun Baru,” tegasnya.

Selain itu Bupati juga mengingatkan warga Cilacap agar tetap menerapkan prokes selama PPKM.