Mei
19
2022
Today

Cuaca Cilacap 04-05-2022

Hujan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
22 Atlet Disabilitas Cilacap Ikuti Seleksi Peparnas 2012 Di Solo Cetak
Oleh Wagino   
Selasa, 20 Maret 2012 11:34

CILACAP, (CIMED) – Sebanyak 22 atlet penyandang disabilitas asal Kabupaten Cilacap ikut seleksi ke-3 tingkat NPC (National Paralympic Cimmitee) Provinsi Jawa Tengah. Seleksi ini sebagai ajang persiapan Pekan Olahraga Paralympian Nasional (PEPARNAS) ke XIV di Pekan Baru, Riau, 2012.

Ketua NPC Kabupaten Cilacap Priyano, Selasa (20/3/2012) mengatakan, seleksi sudah dilaksanakan pada 15-16 Maret lalu bertempat di kompleks Stadion Manahan, Solo.

“Ini merupakan seleksi ke-3 yang dilakukan oleh NPC Provinsi Jawa Tengah. Seleksi sebelumnya dilaksanakan pada awal dan pertengahan 2011,” kata Priyano.

Dia menjelaskan, pada seleksi ke-3 Cilacap mengirimkan 22 atlet yang berlaga di empat nomor cabang olahraga dari enam cabang olahraga yang dipertandingkan.

“Empat cabang olaharga yang diikuti yakni atletik, renang, tennis meja dan catur dengan kategori tuna daksa dan tuna netra,” jelas ketua NPC Cabang Cilacap yang ikut seleksi dalam cabang olahraga atletik.

Sedangkan enam cabang yang dipertandingkan, lanjut Priayano, meliputi atletik, renang, catur, tennis meja, bulu tangkis dan angkat berat. Masing-masing cabang terdiri dari beberapa kategori (kelas, red). Untuk cabang atletik dan renang meliputi kategori tuna daksa, tuna netra, tuna rungu wicara dan tuna grahita. Kemudian catur dan tennis meja dipertandingkan untuk kategori tuna daksa dan tuna netra

“Cabang bulutangkis ada tiga kategori yakni tuna daksa, tuna rungu wicara dan tuna grahita. Sedangkan cabang ankat berat hanya ketegori tuna daksa,” urainya.

Terkait seleksi tersebut Priayano optimis atlet penyandang disabilitas Cilacap lolos sehingga bisa memperkuat tim inti Provinsi Jawa Tengah pada Peparnas di Pekan Baru.

“Meski belum ada pengumuman resmi dari NPC Jawa Tengah, kami memprediksi ada 9 atlet yang lolos seleksi. Hasil seleksei secara tertulis baru akan diumumkan hari ini,” tandasnya.

Disebutkan, kesembilan atlet yang diprediksi lolos yakni Priyano, Sudarno dan Handoyo dari cabang atletik. Guruh Supriyo, Muqorobin, Agus Rahman dari cabang tennis meja.

“Tiga atlet lainnya adalah Wawan Sutrisno dan Sugiyanto pada cabang catur, dan Agus Ngaimin pada cabang renang,” rinci atlet peraih medali emas cabang atletik nomor lempar cakram pada ajang Asean Para Games VI 2011 itu.

Dia menambahkan, selain mengikuti seleksi di Solo atlet penyandang disabilitas Kabupaten Cilacap juga dipersiapkan untuk mengikuti Pekan Olahraga Paralympian tingkat provinsi Jawa Tengah pada 2013.

“Kita mentargetkan masuk empat besar. Sebelumnya kita menempati peringkat kelima dari 35 kabupaten / kota di Jawa Tengah,” imbuhnya.