Jul
28
2021
Today
Cuaca Cilacap 20-07-2021

Berawan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Pesona Pantai Widarapayung, Paduan Keindahan Dan Keunikan Alam
Oleh Wagino   
Jumat, 20 Juni 2008 20:40

BINANGUN - Gelombang laut yang menghasilkan suara gemuruh disertai desiran angin pantai dipadu dengan nyiur pohon kelapa selalu membuat kesan tersendiri. Beragam kesan pun timbul, ada yang kagum, ada pula yang penasaran. Namun tak sedikit pula yang merasa takut. Takut bukan lantaran deburan ombak dan ganasnya gelombang, namun biasanya ketakutan dikaitkan dengan sesuatu yang berbau mistik. Setiap orang akan terkesan saat berjumpa dengan pantai berombak dan panorama alam sekitar yang indah.

Panorama pantai Widara Payung tak kalah menarik dibanding pantai lain seperti pantai Pangandaran. Pantai ini memiliki luas sekitar 500 ha dengan kondisi pantai yang sangat landai. Sepanjang pantai berderet ribuan pohon kelapa dan nyiur yang melambai menjadikan suasana pantai sejuk. Pantai Widarapayung berada di Desa Widarapayung Wetan, Kecamatan Binangun atau kurang lebih 35 km kearah timur dari kota Cilacap.

Pemandangan alam bebas pantai Widarapayung bisa dinikmati pula di selter-selter dan juga warung-warung yang berada disepanjang pantai. Tak hanya hamparan pantai yang eksotis, indah dan menawan. Ombak yang relatif besar menantang peselancar untuk menikmati gulungan gelombang laut. Sehingga sayang untuk dilewatkan terlebih saat menjelang senja. Tak heran bila banyak wisatawan luar daerah yang datang, bahkan tak sedikit yang menghabiskan waktu dipantai. Mereka datang tidak hanya pada hari Minggu maupun hari besar seperti lebaran saja. Hampir setiap hari dari pagi hingga menjelang senja selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Disepanjang pantai ini warga setempat menyediakan papan selancar (surfing) yang dapat digunakan untuk berlatih selancar bagi pemula. Tak hanya itu, untuk memanjakan pengunjung juga tersedia kursi malas dan kursi panjang yang diletakan dibibir pantai.

Liveguard layaknya seperti dalam film Baywatch juga siap membantu dan memberikan pertolongan pertama bagi setiap pengunjung. Selain itu juga tersedia kolam renang dan pemandian air tawar yang bisa digunakan untuk segala umur usai bermain-main dipantai.

Meski belum tersedia resor maupun hotel disekitar pantai Widarapayung, namun tak mengurangi minat pengunjung yang datang untuk sekedar melepas penat dan menjauhkan dari polusi dan kebisingan.