Jun
26
2022
Today

Cuaca Cilacap 21-06-2022

Hujan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
357 Napi Dan Tahanan Lapas Cilacap Nyoblos
Oleh Wagino   
Rabu, 09 April 2014 11:47

CILACAP, (CIMED) – Sebanyak 357 napi dan tahanan dari 372 penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Cilacap menyalurkan hak pilihnya pada Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif 2014, Rabu (9/4/2014).


Berbeda dengan Pemilu sebelumnya, pada Pileg sebelumnya tempat pemungutan suara (TPS) khusus Lapas Klas IIB Cilacap menggunakan aula. Pada Pileg 2014 TPS dengan nomor 75 didirikan di tengah-tengah antara ruang kunjungan dan ruang tahanan.

Seperti di TPS-TPS umum panitia yang menjalankan tugas juga lengkap termasuk pengawas pemilu dan saksi. Bedanya, panitianya merupakan pegawai Lapas setempat.

“Jumlah warga binaan dan tahanan di Lapas Cilacap sebanyak 372 orang. Namun tidak semuanya memiliki hak pilih karena ada warga binaan yang masih anak-anak,” ujar Kalapas Syarif Rahman.

Disebutkan, sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) jumlah pemilih di TPS 75 berjumlah 352 orang. Jumlah tersebut sudah termasuk dirinya dan pegawai Lapas yang bertugas.

Dia menambahkan, berbeda dengan TPS umum, TPS khusus Lapas calon pemilih sudah terkumpul sehingga mudah untuk mengatur. Agar tertib dan tidak terjadi penumpukan, satu persatu warga binaan dipanggil. Usai menyalurkan hak pilihnya mereka kembali ke kamar masing-masing.

Pantauan CILACAPMEDIA.com, diantara warga binaan Lapas Klas II B Cilacap tampak mantan Kalapas Narkotikan Marwan Adli yang terlibat kasus pencucian uang aliran dana narkoba. Selain itu sejumlah mantan pejabat Cilacap yang tersangkut kasus korupsi juga tampak menyalurkan hak pilihnya.