Mei
19
2022
Today

Cuaca Cilacap 04-05-2022

Hujan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Enam Calon Anggota Panwas Lolos Wawancara
Oleh Wagino   
Senin, 09 Mei 2016 10:40

CILACAP, (CIMED) - Sebanyak enam calon anggota Panitia Pengawas Kabupaten pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2017 mendatang dinyatakan lulus tes wawancara yang dilaksanakan Tim Seleksi (Timsel). Selanjutnya Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Tengah memilih tiga orang untuk menjadi anggota Panwas Kabupaten Cilacap, tiga lainnya sebagai cadangan pergantian antar waktu.


"Hasil seleksi sudah diumumkan melalui website Bawaslu Provinsi Jawa Tengah pada Senin (9/5/2016)," kata Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga Bawaslu provinsi Jawa Tengah, Teguh Purnomo, Senin (9/5/2016).

Disebutkan, enam calon anggota yang dinyatakan lulus tes wawancara adalah Anie Astuti, Bachtiar Hastiarto, Priyo Anggoro, Rahmat Purnomo, Umi Fadilah dan Warsid.

"Sebelumnya mereka sudah lolos seleksi administrasi dan lolos ujian tertulis serta tes wawancara dengan Timsel," terangnya.

Lebih lanjut Teguh menjelaskan, keenam orang ini kemudian akan membuat makalah kepemiluan yang kemudian akan dibahas oleh anggota Bawaslu. Makalah ini juga akan didiskusikan pada saat tes wawasncara dengan Bawaslu pada 12 Mei besok.

“Fit and Proper test ini untuk melihat kemampuan mereka. Karena kita memilih mereka yang memiliki integritas tinggi, punya wawasan kepemiluan, keberanian dan indenpendensi,” ujarnya.

Teguh sangat mengharapkan akan mendapakan tiga orang yang memiliki kriteria sesuai dengan yang dimaksud. Akan tetapi, kata dia, dari keenam orang ini, sudah menunjukkan bawa calon saat ini memiliki kualitas yang lebih baik.

“Potensi Cilacap saat ini lebih dinamis dari kemarin, yang mengikuti seleksi juga memiliki kualitas yang lebih baik, sehingga kami lihat adanya hal yang lebih baik di panwas kedepan,” ujarnya.

Menurutnya, Bawaslu tidak hanya melihat hasil dari makalah yang akan dipresentasikan, namun juga akan melihat track record dari keenam calon anggota Panwas ini. Walaupun sebelumnya sudah banyak yang memberikan masukan kepada Timsel, tetapi tidak sedikit pula yang memberikan masukan melalui Bawaslu.

Teguh juga menyampaikan masih menerima masukan dari masyarakat melalui media sosial pribadi para anggota Bawaslu atau melalui email.

“Banyak masukan pengaduan dari masyarkaat, kita akan melakukan cek tidak hanya kepada yang bersangkutan tetapi juga kepada mereka yang memberikan laporan tersebut,” katanya.

Ditambahkan, tiga nama yang akan terpilih menjadi anggota Panwas Kabupaten Cilacap, akan diumumkan menjelang pelantikan Panwas.

"Direncanakan pelantikan dilakukan pada minggu ke-4 Bulan Mei ini," pungkasnya.