Mei
19
2022
Today

Cuaca Cilacap 04-05-2022

Hujan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Tiga Nama Terpilih Jadi Panwaslu
Oleh Wagino   
Jumat, 20 Mei 2016 14:10

CILACAP, (CIMED) - Setelah mengikuti tahapan seleksi calon Panitia Pengawas Kabupaten pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Cilacap 2017, akhirnya tiga nama dinyatakan berhasil lolos sebagai anggota Panwaslu oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Jawa Tengah, Kamis (19/5/2016). Dari ketiga nama tersebut, dua diantaranya merupakan wajah baru dan satu wajah lama.


Dua nama wajah baru adalah Warsid dan Umi Fadillah. Sedangkan wajah lama yakni Bachtiar Hastiarto. Ketiganya berhasil menyisihkan 28 peserta lain sejak seleksi administrasi hingga melewati fit and propertest. Mereka kemudian dipilih oleh Bawaslu Provinsi Jawa Tengah untuk mengawasi jalannya Pilkada Cilacap yang digelar Ferbruari 2017 mendatang.

Divisi Hubungan Kelembagaan Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Teguh Purnomo mengatakan ketiga nama orang yang terpilih ini sudah memenuhi kriteria yang dibutuhkan sebagai anggota panwaslu dalam Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Cilacap tahun 2017 mendatang. Yakni memiliki kemampuan kepemiluan, memiliki inttegritas tinggi dan netral.

“Kami berharap mereka dapat bekerja secara professional sesuai tupoksi dan tidak terpengaruh kepentingan politik, dan tidak gentar memproses siapapun yang melanggar aturan pilkada,” ujarnya, Jumat (20/5/2016).

Teguh menegaskan, selain itu, bagi para panwaslu, apabila ada yang bekerja tidak sesuai dengan tupoksinya, bahkan menggunakan jabatannya untuk kepentingan sendiri, pihaknya tidak segan-segan akan menegurnya.

“Bawaslu Jateng tidak mentolerir jajarannya yang main-main dengan itegritas serta netralitas. Kalau perlu akan dibawa ke DKKP,” tegasnya.

Warsid, salah satu anggota Panwaslu yang baru saja terpilih kepada Harmas mengatakan, tahap selanjutnya adalah bintek dan pelantikan yang akan digelar di Semarang pada Senin (23/5/2016).

Sebelumnya ada sebanyak 34 orang yang mendaftar sebagai anggota Panwas wilayah Kabupaten Cilacap. Tetapi hanya 31 orang yang lolos seleksi administrasi. Setelah mengikuti tes tertulis ada 11 nama yang diambil untuk kemudian diambil enam nama untuk mengikuti fit and proper test yang dilakukan oleh Bawaslu Provinsi Jawa Tengah.