Jul
28
2021
Today
Cuaca Cilacap 20-07-2021

Berawan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim
Giliran 63 Napi Lapas Gunung Sindur Diboyong Ke Nusakambangan Cetak
Oleh Wagino   
Kamis, 29 Nopember 2018 12:58

CILACAP, (CIMED) – Nusakambangan benar-benar menjadi pulau penjara. Bagaimana tidak, napi kelas kakap dari sejumlah Lapas di Indonesia terus dikirim ke pulau penjara tersebut. Rabu pagi (28/11/2018) giliran 63 napi asal Lapas Gunung Sindur Bogor yang diboyong ke Nusakambangan. Mereka adalah napi yang terlibat kasus terorisme dan narkoba dengan vonis beragam.


Jumlah napi sebanyak itu terdiri dari 34 napi terorisme dan 29 napi narkoba. Dari Lapas Gunung Sindur, napi ini diangkut melalui jalur darat dengan menggunakan lima buah bus besar. Rombongan bus pembawa napi ini tiba di Dermaga Wijayapura sekitar pukul 07.45 WIB dengan pengawalan ketat dari Brimob yang dibantu aparat Kepolisian Resor Cilacap. Kondisi bus yang tertutup membuat para napi yang berada di dalam tak terlihat dari luar

Setibanya di Dermaga Wijayapura, secara bergantian bus yang mengangkut napi langsung menuju ke kapal Pengayoman IV. Sementara para napi tetap berada di dalam bus hingga kapal yang menyeberangkan ke pulau Nusakambangan berangkat. Proses peyeberangan para napi dari Dermaga Wijayapura ke Dermaga Sodong Nusakambangan memakan waktu satu jam lebih. Selanjutnya, dari dermaga Sodong, napi didistribusikan ke sejumlah lapas yang ada di Nusakambangan.



Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto yang memimpin langsung pengamanan proses pemindahan napi mengatakan, jumlah personel yang terlibat dalam pengamanan pemindahan napi sekitar 300 orang yang terdiri dari Brimob, Polres Cilacap dan dibantu TNI.

Disebutkan, 63 napi yang dipindahkan ke Nusakambangan ditempatkan di tiga lapas yakni Lapas Batu, Lapas Besi dan Lapas Pasir Putih.