Jun
26
2022
Today

Cuaca Cilacap 21-06-2022

Hujan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Pertamina RU IV Gandeng Pokdar Kamtibmas Tiga Kelurahan
Oleh Wagino   
Selasa, 01 Desember 2009 17:17

CILACAP, (Cimed) – Obyek vital seperti kilang Pertamina Refinery Unit (RU) IV memiliki peran penting bagi kehidupan bangsa dan negara baik ditinjau dari aspek ekonomi, politik, sosial, budaya, maupun pertahanan dan keamanan harus mendapat prioritas pengamanan. Namun demikian keamanan obyek vital tersebut bukan menjadi tanggung jawab aparat keamanan semata, melainkan tanggung jawab bersama.

Ditambah, Kabupaten Cilacap dalam peta teroris masuk dalam daftar merah. Sehingga kilang Pertamina RU IV yang memasok 60 persen kebutuhan BBM di Pulau Jawa ini diyakini menjadi salah satu obyek ancaman serius.

Hal itu diungkapkan Security Section Head Pertamina RU IV, Rusmono dalam sambutan penandatanganan kesepakatan antara Sekuriti Pertamina RU IV dengan Kelompok Sadar (Pokdar) Kamtibmas Kelurahan Lomanis, Donan, dan Kutawaru, Kecamatan Cilacap Tengah, di pendopo Kelurahan Lomanis, Selasa (1/12).

Ia mengatakan, pengamanan bersama dengan Pokdar Kamtibmas di tiga kelurahan dilakukan dalam rangka mendukung pengamanan secara internal di komplek Kilang Pertamina RU IV Cilacap.

“Dengan kesepakatan ini akan terjalin komunikasi yang baik. Sehingga jika ada ancaman gangguan bisa segera diatasi,” ujarnya.

Menurut dia, kegiatan ini diadakan menyusul adanya kebijakan dari pusat untuk pengamanan secara internal yang melibatkan masyarakat di sekitar kilang harus dilakukan secara tertulis.

“Sebenarnya sebelumnya pertamina telah melakukan kerjasama pengamanan dengan pokdar kamtibmas namun tidak tertulis,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, General Afair Pertamina RU IV Sutarno mengatakan, kegiatan pengamanan secara bersama tidak hanya untuk Pertamina saja melainkan untuk  Cilacap.

Menurutnya, penandatangan kesepakatan antara Pertamina RU IV dengan Pokdar ini merupakan yang pertama di Indonesia, sebab kilang lain seperti Balikpapan, Plaju dan Balongan belum ada.

“Kedepan kegiatan serupa akan ditindaklanjuti ke wilayah lain, terutama yang ada di Ring I dan ring II kilang RU IV Cilacap,” ujarnya.

Sementara itu, penandatangan tersebut dilakukan oleh General Afair Pertamina RU IV Sutarno, Security Section Head Pertamina RU IV Rusmono, Camat Cilacap Tengah Saloyo, Kapolsek Cilacap Tengah AKP Suyanto dan tiga Kepala Kelurahan masing-masing Lurah Lomanis Budi Sanyoto, Pjs Lurah Donan Joni Waluyo serta Lurah Kutawaru Agung setiawan.

Selain penandatangan kesepakatan, Pertamina juga menyerahkan bantuan sarana prasarana untuk kamtibmas kepada ketiga kelurahan melalui perwakilanya. Bantuan yang diserahkan berupa jas hujan, kaos, lampu senter dan radio HT.