Mei
17
2022
Today

Cuaca Cilacap 04-05-2022

Hujan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Tangki Kembali Terbakar, Jumpa Pers Pun Batal
Oleh Wagino   
Selasa, 05 April 2011 14:06

CILACAP, (CIMED) – Rencana jumpa pers Direktur PT Pertamina Karen Agustiawan dan Menteri Lingkungan Hidup, Gusti M Hatta bersama wartawan, Selasa (05/04/2011) siang batal. Menyusul api kembali berkobar dari tangki 31 T-7 pada pukul 12.05 WIB, yang sebelumnya telah dinyatakan padam.

Sejumlah wartawan yang sejak pagi sudah menunggu di depan kantor Humas Pertamina RU IV, akhirnya berlarian menuju keluar, pasalnya kobaran api terus membesar. Suasana panik di sekitar lokasi pun terlihat saat petugas keamanan meminta kepada seluruh karyawan maupun wartawan agar segera menjauh dari lokasi kebakaran.

Selain itu, seluruh kendaraan yang diparkir di kompleks kantor pusat Pertamina RU IV juga ikut dievakuasi menjauhi lokasi. Termasuk Dirut PT Pertamina yang hendak mengadakan jumpa pers juga langsung dievakuasi menggunakan mobil.

Bahkan seluruh mobil unit pemadam kebakaran yang ada di dekat tangki ditarik keluar komplek kilang, karena takut terjadi ledakan. Sementara itu, kobaran api yang membesar dari tangki 31 T-7 sudah mulai menjilat tangki 32 T-104.

Kebakaran yang melanda tangki 31 T-7 yang sebelumnya pada pukul 10.35 WIB telah dinyatakan padam merupakan tangki ketiga atau tangki terakhir yang berusaha dipadamkan tim pemadam kebakaran. Tangki pertama dan kedua yakni tangki 31 T-2 dan 31 T-3 sudah berhasil dipadamkan dua hari sebelumnya.

Menurut keterangan dari pihak Pertamina penyebab munculnya api karena angin yang cukup besar membuat fluida panas yang tersisa di dalam tangki 31 T-7 memcah foam yang sudah menutupi permukaan fluida.

Hingga berita ini diturunkan pertempuran melawan kobaran api di tangki 31 T-7 belum berakhir. Proses pemadaman dan pendinginan terhadap tangki 31 T-7 terus dilakukan, termasuk terus melakukan proteksi dan pendinginan terhadap tangki 32 T-104.