Jun
26
2022
Today

Cuaca Cilacap 21-06-2022

Hujan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Nasib Enam Pejabat Eselon II Yang Dimutasi Ditentukan Hari Ini
Oleh Wagino   
Rabu, 20 Juli 2016 15:11

CILACAP, (CIMED) – Nasib enam pejabat eselon II Pemkab Cilacap yang dilantik 13 Juli lalu ditentukan hari Rabu (20/7/2016) ini. Bupati Cilacap akan membuat keputusan untuk mencabut (membatalkan, red) Surat Keputusan (SK) pelantikan atau tetap dilanjutkan atau tidak sesuai dengan hasil konsultasi dengan Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) serta Kementrian Dalam Negeri.


Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cilacap, Sutarjo, menjelaskan, karena pelantikan menyangkut dengan administrasi pemerintahan maka Pemkab Cilacap akan mengacu pada UU No 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan. Disebutkan, paling lambat untuk mencabut atau membatalkan keputusan yang karena cacat hukum maksimal dalam kurun waktu lima hari kerja setelah mendapatkan aturan baru.

“Paling lambat lima hari kerja, kita harus membuat keputusan tentang pencabutan atau pembatalan. Kalau kita menemukan UU tersebut pada 14 Juli, maka paling lambat Rabu ini (20/7/2016), pak Bupati akan membuat keputusan apakah itu pencabutan atau ada rekomendasi dari Kemendagri bahwa itu diperbolehkan dengan diberikan dispensasi dan sebagainya,” jelas Sutarjo yang juga menjabat sebagai Panitia Seleksi (Pansel) rotasi pejabat, Selasa (19/7/2016).

Menurutnya, apa yang dilakukan Bupati selaku pejabat dalam rotasi pegawai itu mutlak salah dengan ketidaktahuannya ada Undang-Undang baru yang baru diketahui 14 Juli namun diundangkannya pada 1 Juli. Karena secara formal Pemkab belum menerima salinan UU No 10 Tahun 2016 itu.

“Kami juga sudah bertanya kepada aparat penegak hukum dalam hal ini Kejaksaan Negeri Cilacap terkait keputusan yang akan diambil Rabu ini,” ujarnya.

Meski secara aturan enam pejabat eselon II yang dilantik pada 13 Juli lalu seharusnya sudah menduduki jabatan di tempat yang baru. Akan tetapi, sejak munculnya permasalahan tersebut mereka kembali ke tempat asal.

Sebelumnya, pada Rabu (13/7/2016) sebanyak enam pejabat eselon II dialihtugaskan berdasarkan Keputusan Bupati Cilacap Nomor : 821.2/075/2016, tanggal 12 Juli 2016. Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan yang digelar di Pendopo Wijayakusuma Cakti dilakukan langsung oleh Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji.

Pejabat yang geser dan menduduki kursi jabatan strategis masing-masing adalah Farid Ma’ruf menggantikan Indro Cahyono sebagai Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda). Farid semula dipercaya menjabat sebagai Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD). Sedang Indro Cahyono dialihtugaskan sebagai Kepala Inspektorat menggantikan Imam Wahyu Djatmiko. Sementara Imam sendiri menempati jabatan baru sebagai Kepala DPPKAD yang ditinggalkan Farid.

Kursi jabatan strategis lainnya yang mengalami pergantian yakni Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) yang semula diduduki Warsono kini dijabat Uong Suparno. Sebelumnya Uong menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), sedangkan Warsono menempati pos baru sebagai Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) yang ditinggalkan Kosasih. Sementara Kosasih menduduki jabatan sebagai Kepala Dishubkominfo.