Mei
17
2022
Today

Cuaca Cilacap 04-05-2022

Hujan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim
Antisipasi Narkoba, Pertamina Lakukan Pemeriksaan NAPZA Mandiri
Oleh Wagino   
Rabu, 07 September 2016 19:38

CILACAP, (CIMED) - Pertamina Refinery Unit (RU) IV bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Cilacap melakukan tes urine terhadap pekerjanya, Rabu (7/9/2016) siang. Kegiatan ini dalam rangka monitoring NAPZA (Narkotika Alkohol Psikotropika dan Zat Adiktif) terhadap pekerja Pertamina RU IV.


Kegiatan tersebut dilaksanakan disela-sela rapat operasi yang dilanjutkan dengan pemeriksaan kepada sejumlah pekerja di area perkantoran dan area kilang Pertamina RU IV.

"Pemeriksaan NAPZA mandiri ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian Pertamina terhadap pemberantasan penyalahgunaan narkotika di lingkungan kerja. Kegiatan ini bekerjasama dengan BNN Kabupaten Cilacap," kata Direktur Pertamina Hospital Cilacap Dr. Sugeng Santoso usai pelaksanaan tes urine terhadap pekerja Pertamina RU IV, Rabu (7/9/2016).

Dalam kesempatan yang sama Kepala BNN Kabupaten Cilacap, AKBP Edy Santosa mengatakan, kegiatan pemeriksaan secara mandiri seperti ini sangat membantu tugas BNN dalam memberantas penyalahgunaan narkotika di Cilacap dan sekitarnya.

"Pemeriksaan mandiri seperti ini telah dilakukan secara rutin di beberapa perusahaan di Kabupaten Cilacap," katanya.

Disebutkan, tes urin diikuti oleh 100 orang yang terdiri dari 68 orang jajaran Manager termasuk GM Pertamina RU IV, 12 orang pekerja bagian workshop kilang dan 18 orang pekerja HSE.

"Dari 100 sampel yang diambil dua sampel terindikasi positif Benzodiazepine. Akan tetapi, setelah dilakukan asesmen, yang bersangkutan mengkonsumsi obat berdasarkan resep dari dokter," pungkasnya.