Mei
08
2021
Today
Cuaca Cilacap 30-01-2021

Berawan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Mulai 1 Februari, 794 CPNS Mulai Berdinas
Oleh Wagino   
Selasa, 26 Januari 2021 11:31

CILACAP, CIMED - Sebanyak 794 pegawai baru menerima Surat Keputusan (SK) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Cilacap formasi tahun 2019. SK CPNS tersebut diserahkan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji kepada perwakilan penerima di Pendapa Wijayakusuma Chakti yang digelar secara virtual, Selasa (26/1/2021). Selanjutnya mereka mulai bertugas di masing-masing unit kerja terhitung 1 Februari 2021.


Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Cilacap, Warsono mengatakan berdasarkan SK Menpan RB  Nomor 498 Tahun 2019 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap Tahun Anggaran 2019, Pemerintah Kabupaten Cilacap mendapat alokasi formasi CPNS sebanyak 815 formasi.

"Jumlah peserta seleksi yang lulus tahap akhir sejumlah 794 formasi, 21 formasi kosong atau tidak terisi. Sehingga yang diajukan usul penetapan NIP sejumlah 794 dokumen usul NIP secara paperless dan telah terbit secara keseluruhan," kata Warsono, Selasa (26/1/2021).

SK Pengangkatan CPNS terhitung mulai 1 Desember 2020. Sedangkan gaji CPNS dibayarkan setelah yang bersangkutan dinyatakan telah melaksanakan tugas berdasarkan Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas (SPMT)

"Pelaksanaan tugas yang dimulai tanggal 1, maka gajinya dibayarkan pada bulan yang bersangkutan/bulan berjalan. SPMT CPNS Formasi Tahun 2019 diterbitkan dengan TMT 1 Februari 2021," paparnya.

Kepada CPNS yang sudah menerima SK, Warsono minta untuk segera merapat ke masing-masing OPD.

"Dan tanggal 1 Ferbuari pastikan sudah mulai bekerja. Kemudian cepat beradaptasi dengan lingkungan di tempat kerja masing-masing. Minta petunjuk dan arahan pimpinannya. Dan bekerjalan sesuai dengan koridor PNS, baca PP 53 Tahun 2010 tentang disiplin pegawai negeri sipil. Saya tidak ingin, jangan sampai ada PNS yang terkena ketentuan itu," tegasnya.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengatakan, SK CPNS yang diterima hanya merupakan 'jembatan'  atau  proses untuk dapat diangkat menjadi PNS.Karena CPNS wajib menjalani masa percobaan sebelum diangkat menjadi PNS. Masa percobaan sekurang-kurangnya satu tahun dengan menunjukkan kinerja yang baik.

"Selama masa percobaan akan melalui proses pendidikan dan pelatihan dasar untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi, nasionalisme dan kebangsaan karakter kepribadian yang unggul dan bertanggungjawab, memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang," kata Bupati.

Setelah mengikuti dan lulus diklat dasar, lanjut Bupati, akan dievaluasi dari segi kecakapan, sikap budi pekerti maupun persyaratan kesehatan. Jika dipandang cakap dan semua persyaratan telah dipenuhi maka baru dapat diangkat menjadi PNS. Namun apabila yang terjadi sebaliknya maka ada kemungkinan tidak dapat diangkat atau bahkan bisa diberhentikan sebagai CPNS.

"Penerima SK CPNS juga harus bersedia dan tidak ada alasan untuk menolak dalam hal penempatan karena berbagai hal. Dan janganlah terbesit untuk mengajukan pindah ke luar daerah sebelum jangka waktu yang ditentukan sesuai dengan Surat Pernyataan yang dibuat," tandasnya.

Bupati berharap agar CPNS tidak berhenti untuk belajar. Terlebih, di era globalisasi seperti sekarang ini tuntutan akan pelayanan terbaik di semua aspek kehidupan menjadi hal utama, termasuk pelayanan yang diberikan oleh setiap aparatur pemerintah.

“CPNS harus capable. Harus bisa melakukan empowerment, mempunyai inovasi dan gagasan. Hal tersebut tidak tumbuh dengan sendirinya, tetapi melalui proses yaitu belajar. Inilah tantangan yang sesungguhnya,” pungkasnya.