Jul
28
2021
Today
Cuaca Cilacap 20-07-2021

Berawan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Bulan K3 2021, Pertamina Cilacap Canangkan Zero Medical Treatment Case
Oleh Wagino   
Senin, 01 Pebruari 2021 13:44

CILACAP, (CIMED) – Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap mencanangkan target Zero Medical Treatment Case (MTC) pada 2021. Hal itu disampaikan General Manager Pertamina RU IV Cilacap, Joko Pranoto saat membuka kegiatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) secara daring pada Sabtu malam (30/1/2021).


Joko Pranoto menegaskan Zero MTC 2021 merupakan peningkatan target level keselamatan dan kesehatan kerja setelah Zero Fatality pada 2019 dan Zero Accident pada 2020.

“Zero Medical Treatment Case artinya, jangan sampai ada pekerja yang terpaksa mendapatkan perawatan medis meski itu kecil. Bahkan diharapkan, kotak P3K di setiap titik tetap terkunci karena tidak terpakai. Maka setiap pekerja harus berpedoman pada budaya Health, Safety, Security and Environmental (HSSE),” tegasnya.

Keberhasilan Pertamina RU IV dalam penerapan budaya HSSE, lanjut dia, terbukti membuahkan banyak penghargaan, khususnya selama 2020.
“Pertamina RU IV mendapatkan apresiasi terkait HSSE, seperti Proper Emas, Audit Supreme juga tertinggi, penghargaan Patra Nirbhaya Adinugraha V dari Kementerian ESDM untuk 84 juta jam kerja aman, penghargaan bulan K3 dari Kementerian Tenaga Kerja RI, dan lain-lain,” ungkapnya.

Untuk itu, Joko meminta agar tim HSSE melakukan banyak inovasi program demi mendukung target Zero MTC ini.

“Bisnis perusahaan dasarnya adalah Safety. Penerapan Safety yang baik akan mendorong bisnis lebih  baik. Sebaliknya jika HSSE buruk, apa yang sudah dirintis akan hancur seketika karena satu accident,” ungkapnya.

Menyikapi pandemi Covid 19 saat ini, imbuh Joko Pertamina RU IV masih memberlakukan protokol kesehatan secara ketat di seluruh area kilang, kantor, dan rumah dinas perusahaan.

“Penerapan protokol kesehatan ini dilakukan secara bertahap sejak wabah ini ditemukan di Indonesia Maret 2020. Dimulai pembentukan Satgas Covid 19, protokol masuk dan keluar area Pertamina, protokol kegiatan olahraga di masa New Normal, dan saat ini pengaturan pekerja yang WFO hanya 25 % di area Head Office,” imbuhnya.

Sementara itu ada 12 kegiatan dan lomba Bulan K3 tahun 2021 yang sebagian besar dilaksanakan secara daring. Antara lain Traffic and Road Safety Webinar, Good House Keeping Practice, Intelligent and Collaborative Quiz, Safety Campaign Contests, Innovative Safety Campaign Video, Banjaran Garden Competition, Fire Fighting Combat, Creative Colouring and Drawing Contests, Stand Up Confidy (Confident and Comedy), Corporate Life Saving Rules, Shooting Competition, First Aider Challenge, Vaccine Covid Webinar, Covid Protocol Video Competition, Virtual Run and Weight loss Program, dan diakhiri Closing Ceremony.