Sep
21
2021
Today

Cuaca Cilacap 01-09-2021

Berawan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
SMPN 4 Cilacap Jadikan Podcast Sarana Sosialisasikan Prokes
Oleh Wagino   
Selasa, 08 Juni 2021 13:26

CILACAP, (CIMED) - Di tengah naiknya lagi angka Covid-19 paska lebaran, beragam cara dilakukan untuk mensosialisasikan protokol kesehatan, utamanya di sekolah yang Juli mendatang rencananya akan melaksanakan pembelajaran tatap muka. Sosialisasi dilakukan secara langsung kepada siswa maupun melalui perantaraan aneka media.


Cara yang cukup menarik dilakukan oleh SMPN 4 Cilacap. Mereka mensosialisasikan prokes melalui media Podcast. Menariknya lagi, perlengkapan Podcast kebanyakan berbahan barang-barang bekas.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMPN 4 Cilacap Landung Baskoro mengungkapkan, media Podcast dinilainya saat ini cukup efektif menyasar para siswa.

"Beberapa bulan lalu kami juga sudah mengunggah video simulasi prokes di sekolah melalui kanal youtube kami. Ternyata podcast saya rasa lebih efektif karena ada interaksi wawancara dan ngetren juga saat ini. Juga selain berbentuk video bisa kami kirimkan berbentuk pesan suara ke para siswa," jelas Landung.

Hal itu, tambah Landung, lebih efektif karena tidak begitu memberatkan kuota paket internet siswa.

"Kalau video kan berat untuk memutar di gawai atau mengunduhnya. Kalau suara saja kan cukup ringan. Melalui wali kelas, podcast tersebut bisa dibagikan ke seluruh siswa lewat aplikasi WA grup," tambah Calon Guru Penggerak tersebut.

Kepala SMPN 4 Cilacap Sarwadi mengungkapkan, dirinya mendukung penuh aksi nyata berupa podcast tersebut. Menurutnya, kreasi guru dan siswa yang menuju pada kemajuan sekolah harus didukung. Apa lagi biayanya relatif murah.

"Saya bangga anak-anak tidak sungkan menggunakan barang-barang bekas yang diperbaiki. Mulai dari kursi saya yang tadinya rusak, hendel mic bekas masjid yang diperbaiki dan lain-lain. Artinya mereka paham betul bahwa sekolahnya Adiwiyata, sehingga prinsip reduce reuse recycle benar-benar diterapkan," ujar Sarwadi.

Selain itu, tambah Sarwadi, dengan Podcast para siswa juga berlatih komunikasi publik yang baik serta berfikir dan bertanya secara kritis kepada narasumber yang mengisi materi Podcast.

"Podcast ini kalau serius dikembangkan, bisa mengasah kemampuan bertanya dan berfikir kritis sebagai kompetensi yang dibutuhkan di abad 21," tandasnya.