Sep
21
2021
Today

Cuaca Cilacap 01-09-2021

Berawan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Tingkatkan Herd Immunity, Forkopimda Bersama PLTU Cilacap Gelar Serbuan Vaksinasi
Oleh Wagino   
Senin, 26 Juli 2021 19:23

CILACAP, (CIMED) - Upaya meningkatkan herd immunity terus dilakukan Forkopimda Cilacap, salah satunya melalui serbuan vaksinasi Covid-19. Kali ini Forkopimda berkolaburasi dengan stakeholder menggelar serbuan vaksin di dua tempat berbeda yakni di PLTU Cilacap dan Patra Graha Pertamina. Vaksinasi yang dilaksanakan dua hari yakni 26 dan 28 Juli tersebut menyasar 10.000 orang yakni pekerja dan warga masyarakat.


Di PLTU Cilacap, pelaksanaan vaksinasi hari pertama digelar di gedung komplek PLTU setempat diikuti 1.000 orang pekerja yang bekerja di lingkungan PLTU tersebut. Selanjutnya pada hari kedua menyasar masyarakat umum. Kegiatan tersebut melibatkan tenaga medis dari sejumlah RS, Puskesmas, klinik yang ada di Cilacap serta TNI-Polri.

Direktur Teknik PT Sumber Segara Primadaya (S2P), Irvan Rachmat, mengapesiasi setinggi-tingginya kepada Satgas Covid Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cilacap yang mempercayakan kepada S2P untuk ikut bersama-sama berbakti kepada negara. Salah satunya melalui vaksinasi Covid-19.

"Vaksinasi ini dibagi menjadi dua kelompok, yang pertama adalah karyawan yang ada di lingkungan PLTU Cilacap, kemudian kelompok keduanya untuk masyarakat," kata Dirtek PT S2P ini, Senin (26/7/2021).

Dijelaskan, PLTU Cilacap termasuk obyek vital nasional sehingga karyawannya masuk pekerja esensial. Maka sangat diperlukan pemberian vaksin untuk memberikan kekebalan tubuh para pekerja.

"Ini memang masih jauh dari harapan kita. tapi dengan bekerjasama seperti ini mudah-mudahan kita bisa vaksin juga untuk keluarganya dan juga semua masyarakat Cilacap. Ini yang kita lakukan bersama dengan Pemerintah Kabupaten Cilacap dan TNI-Polri untuk bahu membahu mencoba memberikan yang terbaik dan berbakti kepada negara," jelasnya.

Selain menyelenggarakan serbuan vaksinasi, S2P juga menyerahkan sejumlah bantuan diantaranya Oxygen Concentrator, paket nutrisi untuk warga yang menjalani isolasi mandiri, sembako dan baju hazmat.

"Dengan Oxygen Concentrator diharapkan bisa membantu untuk mereka yang sesak nafas khususnya di IGD namun kesulitan mendapatkan oksigen. Hari ini kita sebenarnya dapat lima unit Oxygen Concentrator, kita serahkan tiga unit. Dua unit buat standby di klinik kita. Kita sudah pesan, mudah-mudahan bulan Agustus sudah datang jadi kita tambah lagi," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, menyatakan, bahwa saat ini kita harus berbuat, bagaimana herd immunity masyarakat di Kabupaten Cilacap bisa meningkat. Untuk itu pihaknya berkolaborasi dengan Forkopimda dan stakeholder untuk mendukung program percepatan vaksinasi.

"Selain program percepatan vaksinasi, kami juga mengapresiasi PT. S2P yang telah memberikan bantuan berupa 30 ton beras kepada masyarakat yang terdampak PPKM Darurat. Selain itu bantuan oxigen konsetratrator untuk mendukung Dinas Kesehatan dalam meningkatkan  keselamatan masyarakat," katanya.

Dikatakan, kegiatan serbuan vaksinasi ini dilaksanakan secara simultan yaitu di PT S2P PLTU Cialcap dan PT Pertamina RU IV Cilacap dan yang menjadi sasaran vaksin adalah sasaran yang sudah secara terpilih, ditentukan oleh Dinkes. Terkait kesulitan masyarakat terkait pendaftaran on line, Dandim menyadari bahwa saat ini masyarakat kurang tanggap untuk melihat medsos sehingga masih banyak kendala yang dihadapi seperti sekarang ini.

"Kita sampaikan, walaupun kegiatan dilaksanakan di Pertamina dan PT S2P, namun kegiatan vaksin tetap dilaksanakan secara rutin di Puskesmas wilayah, ingat, Puskesmas kita ada 38, dan semuanya bisa melayani vaksin itu sendiri," jelas Dandim.

Ditambahkan, vaksin ini menjadi acuan melawan Covid-19. Untuk itu pihaknya akan melaksanakan vaksin selanjutnya.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pertamina Cilacap, ini luar biasa, ini adakah pakem yang terbaik untuk kerjasama bagaimana BUMN, BUMD yang berada di Kabupaten Cilacap bekerjasama dengan seluruh Stakeholder, bersama untuk bagaimana masyarakat Cilacap sehat, dan kita mampu bangkit bersama, "Together We Can," pungkasnya.