Sep
21
2021
Today

Cuaca Cilacap 01-09-2021

Berawan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
S2P Serahkan Bantuan Bagi Warga Yang Jalani Isoman
Oleh Wagino   
Senin, 26 Juli 2021 20:31

CILACAP, CIMED - Kapasitas Rumah Sakit di Kabupaten Cilacap saat ini hanya bisa menampung sekitar 25 persen dari warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. Banyak warga masyarakat yang masih isolasi mandiri (isoman) di rumah masing-masing, maupun di tempat isolasi yang disediakan oleh pemerintah desa maupun kecamatan.


"Tidak semua bisa tercover oleh pemerintah. Bagi warga masyarakat yang dirawat dirumah sakit, mereka memang bisa diklaimkan ke pemerintah, bisa gratis. Tetapi yang masih di rumah-rumah mereka butuh uluran tangan dari kita semua," kata Asisten Pemerintahan Sekda Kabupaten Cilacap, Dian Setyabudi ditemui usai menerima secara simbolis bantuan paket nutrisi dan masker dari PT. Sumber Segara Primadaya (S2P) PLTU Cilacap disela-sela pelaksanaan serbuan vaksinasi Covid-19 di gedung komplek PLTU setempat, Senin (26/7/2021).

Oleh karena itu, lanjut Dian, beberapa waktu yang lalu Bupati dan Sekda Cilacap mengetuk hati para pengusaha yang ada di Cilacap melalui forum CSR supaya bisa membantu warga masyarakat yang isoman.

"Apapun bentuknya. Kita tidak menerima uang, tetapi menerima barang yang nantinya akan kita teruskan kepada warga yang menjalani isoman. Baik dalam bentuk beras, susu, vitamin atau apa pun diterima dan dihimpun di Bagian Kesra. Hari ini kami mewakili pak Bupati menerima bantuan dari S2P, ada madu dan masker. Nanti kita kumpulkan di Bagian Kesra, termasuk dari pengusaha-pengusaha yang lain, setelah itu nanti kita distribusikan kepada warga yang isoman melalui Camat," terangnya.

Menurutnya, ini wujud berbagi kepedulian dari pengusaha melalui pemerintah kepada warga yang isoman. Hal ini, supaya mereka yang isoman memiliki daya imun yang cukup.

"Jika mereka minum vitamin cukup, minum madu cukup, kemudian banyak istirahat diharapkan cepat sehat. Ini untuk menekan angka kematian di Cilacap. Karena angka kematian yang terkonfirmasi masih cukup tinggi. Dalam sehari bisa menembus 40 orang. Mungkin mereka tidak sempat ke rumah sakit karena penuh, sehingga isoman di rumah masing-masing," ujarnya.

Dian mewakili Pemkab Cilacap mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada para pengusaha di Cilacap khususnya S2P yang sudah membantu .

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Teknik PT S2P, Irvan Rachmat mengatakan, banyak warga terkonfirmasi positif Covid-19 yang saat ini menjalani isoman. Kondisi ini membuat pihaknya merespon ikut membantu warga yang menjalani isoman untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi yang cukup guna menjaga imunitas.

"Kita sudah berikan 500 paket madu dan masker. Sebelumnya kita bekerja sama dengan Baznas memberikan bantuan baju hazmat sebanyak 500 pasang, dan kita akan tambah terus. Kemudian juga memberikan paket sembako terutama beras dibeberapa titik," katanya.

Irfan berharap, dengan bantuan tersebut harapan yang paling utama adalah pemulihan ekonomi.    

"Harapan yang paling utama dengan sumbangan ini, apa yang bisa dilakukan yang pertama pemulihan ekonomi. Bahwa yang kita harapkan, Cilacap bisa bergerak dan bisa menekan laju pandemi. Seiring laju pandemi turun, tapi ekonominya juga tumbuh. Makanya dari sisi pengusaha seperti PLTU Cilacap bahu membahu supaya ekonomi di Cilacap bisa tumbuh," tandasnya.