Sep
21
2021
Today

Cuaca Cilacap 01-09-2021

Berawan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Peningkatan Sanitasi Diri dengan Hand Sanitizer Alami di Dusun Rejamulya
Oleh Wagino   
Selasa, 10 Agustus 2021 02:50

CILACAP, (CIMED) - Pemerintah telah mencanangkan upaya pencegahan persebaran Covid-19 pada setiap individu, salah satunya dengan melakukan tindakan sanitasi. Kegiatan sanitasi tersebut diantaranya dengan membersihkan jari-jemari menggunakan sabun atau cairan hand sanitizer.

Seperti diketahui, hand sanitizer merupakan zat antiseptik dengan kandungan zat aktif yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri pada tangan.

Sementara itu warga masyarakat di RT 03 RW 07 Dusun Rejamulya, Desa Malabar, Kecamatan Wanareja, Cilacap jarang yang memiliki hand sanitizer karena dinilai kurang ekonomis dari segi harga.

Melihat kondisi itu, Nunung Nuraeni mahasiswi peserta kegiatan KKN TIM II Universitas Diponegoro Tahun 2020/2021 menyusun program pelatihan pembuatan hand sanitizer dari bahan alami yang mudah ditemukan di pedesaan.

Nunung menerangkan, bahan Alami yang berpotensi untuk dijadikan hand sanitizer yaitu daun sirsak dan lidah buaya. Daun sirsak mengandung flavonoid, polifenol, dan alkaloid yang dapat berperan sebagai antibakteri dan antiseptik. Begitu pula lidah buaya mengandung senyawa metabolit sekunder seperti tanin, saponin, alkaloid, flavonoid, fenol, dan triterpenoid.

"Senyawa-senyawa tersebut memiliki mekanisme kerja yang sama seperti mekanisme kerja antiseptik dalam menghambat dan membunuh kuman," terangnya.

Setelah melakukan diskusi dan mendapat persetujuan program dari Ketua RT setempat dan Dosen Pembimbing KKN Dr.rer.nat. Thomas Triadi Putranto, S.T., M.Eng., selanjutnya kegiatan program KKN pelatihan pembuatan hand sanitizer dari bahan alami daun sirsak dan lidah buaya dilaksanakan. Pelatihan tersebut dilaksanaan pada Kamis (15/7) hingga Sabtu (18/7).

"Dikarenakan himbauan dari Universitas dalam ketentuan pelaksanaan program KKN dimasa pandemi, pelaksanaan kegiatan pelatihan dilakukan secara daring melalui WhatsApp group," kata Nunung Nuraeni.

Pelaksanaan program meliputi kegiatan pembuatan video dan pamflet sebagai bahan edukasi kepada ibu-ibu warga RT 03 RW 07 Dusun Rejamulya, agar dapat mempelajari pembuatan hand sanitizer alami. Kemudian dilanjutkan pembagian hand sanitizer alami secara door to door kepada warga.

Kegiatan pelatihan dilakukan dengan video dan pamflet dibagikan melalui WhatsApp group ibu-ibu warga RT 03 RW 07 Dusun Rejamulya. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan proses tanya jawab, lalu diakhiri dengan proses monitoring dan evaluasi. Evaluasi dilakukan dengan membagikan kuisioner, kemudian diisi oleh ibu-ibu peserta pelatihan.