Sep
21
2021
Today

Cuaca Cilacap 01-09-2021

Berawan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Aquaponik Budikdamber sebagai Alternatif Penyedia Pangan di Tengah Pandemi
Oleh Wagino   
Selasa, 10 Agustus 2021 12:14

CILACAP, (CIMED) - Dusun Rejamulya, Desa Malabar, Kecamatan Wanareja merupakan daerah pedesaan yang sebagian besar masyarakatnya mengelola budidaya padi, sehingga untuk mencukupi kebutuhan sayur dan lauk sehari-hari mereka dapatkan dengan membeli. Perekonomian masyarakat dimasa pandemi menurun, sehingga daya beli masyarakat juga menurun. Oleh karena itu, diperlukan solusi agar masyarakat mampu memenuhi kebutuhan bahan makanannya. Salah satu alternatif solusinya yaitu dengan memproduksi bahan makanannya sendiri.

Aquaponik budidaya ikan dalam ember (budikdamber) merupakan gabungan dari sistem budidaya ikan (akuakultur) dengan tanaman (hidroponik) dalam wadah berupa ember. Budikdamber dapat dijadikan sebagai inovasi untuk menciptakan kemandirian pangan masyarakat dengan menfaatkan lahan yang terbatas dimasa pandemi.

Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dalam rangka kegiatan KKN TIM II Universitas Diponegoro Tahun 2020/2021, Nunung Nuraeni sebagai peserta KKN di Dusun Rejamulya menyusun program pelatihan budidaya aquaponik budikdamber.

Setelah melakukan diskusi dan persetujuan program dari pejabat setempat dan Dosen Pembimbing KKN Dr.rer.nat. Thomas Triadi Putranto, S.T., M.Eng., kegiatan program KKN pelatihan budidaya aquaponik budikdamber dilaksanakan. Pelatihan berlangsung selama tiga hari pada Kamis (29/7) hingga Sabtu (31/7).

"Dikarenakan himbauan dari Universitas dalam ketentuan pelaksanaan program KKN dimasa pandemi, maka pelaksanaan kegiatan pelatihan dilakukan secara daring melalui WhatsApp group," kata Nunung Nuraeni.

Peserta pelatihan adalah ibu-ibu rumah tangga di RT 03 RW 07 Dusun Rejamulya yang berjumlah 15 orang. Mekanisme pelatihannya yaitu Nunung Nuraeni sebagai pelaksana program, membagikan pamflet dan video cara pembuatan instalasi aquaponik budikdamber dan cara pemeliharaanya, kemudian dibagian di WhatsApp group, lalu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

"Setelah proses pelatihan selesai, selanjutnya dilakukan monitoring dan evaluasi program melalui kuisioner yang dibagian kemudian diisi oleh peserta pelatihan," pungkasnya.