Sep
21
2021
Today

Cuaca Cilacap 01-09-2021

Berawan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Satgas 53 Kejagung Dikabarkan Amankan Kasi Pidsus Kejari Cilacap
Oleh Wagino   
Selasa, 14 September 2021 13:06

CILACAP, (CIMED) - Tim Satuan Tugas (Satgas) 53 Kejaksaan Agung RI dikabarkan turun ke Cilacap. Hasilnya, dalam operasi senyap tersebut tim bentukan Jaksa Agung itu mengamankan Kepala Seksi Pidana (Kasi Pidsus) Kejaksaan Negeri (Kejari) Cilacap inisial MH dan langsung dibawa ke Jakarta.


Berdasarkan informasi yang dihimpun CILACAPMEDIA.com menyebutkan, operasi senyap Tim Satgas 53 Kejagung RI dilakukan pada Senin (13/9/2021) pagi sekitar pukul 07.00 wib saat sebelum apel dimulai.

Tim Satgas 53 yang berjumlah lima orang itu datang ke kantor Kejari Cilacap saat Kajari setempat belum datang, namun sejumlah Kasi dan pegawai internal sudah ada.

Kedatangan Satgas 53 mengejutkan para pegawai Kejari Cilacap karena kondisinya masih pagi saat jam layanan belum dibuka. Lantas beberapa anggota Satgas 53 langsung menuju ke lantai atas. Tak lama kemudian, Satgas 53 turun bersama Kasi Pidsus.

Tiga anggota Satgas 53 langsung membawa Kasi Pidsus dengan sebuah mobil menuju Jakarta. Sementara dua orang lainnya tetap berada di dalam Kantor Kejari Cilacap untuk meminta keterangan kepada sejumlah jaksa. Pemeriksaan berlangsung hingga Senin malam.

"Prosesnya sangat cepat, hanya sekitar 10 menitan. Setelah itu diamankan dan dibawa ke Jakarta," kata sumber CILACAPMEDIA.com, Selasa (14/9/2021).

Penangkapan yang dilakukan Satgas 53 terhadap Kasi Pidsus MH  yang meindaklanjuti laporan masyarakat tersebut diduga terkait dengan salah satu kasus dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) yang tengah ditangani penyidik Kejari Cilacap. Namun belum jelas kasus tipikor yang menyebabkan Kasi Pidsus MH diamankan Satgas 53 Kejagung RI tersebut.

Sementara itu, Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) Kejari Cilacap Dian Purnama saat dikonformasi CILACAPMEDIA.com di kantor Kejari setempat Selaasa (14/9/2021) sedang rapat melalui Video Conference. Aktivitas kantor Kejari juga tampak berjalan normal, tampak seperti tidak terjadi apa-apa.    

Seperti diketahui, Satgas 53 adalah tim yang dibentuk Jaksa Agung pada akhir Desember 2020 lalu.

Saat melantik dan mengambil sumpah 31 orang anggota Satgas 53, Jaksa Agung RI Burhanudin menyatakan, pembentukan Satgas 53 ini bukanlah sebagai koreksi, melainkan justru untuk memperkuat dan mempercepat kinerja Intelijen dan Pengawasan dalam hal penyajian informasi, akurasi, dan kecepatan bertindak dalam menyelesaikan setiap dugaan pelanggaran disiplin.

Pembentukan Satgas 53 ini senafas dengan arahan Presiden Republik Indonesia pada pembukaan Rapat Kerja Kejaksaan Republik Indonesia Tahun 2020 pada tanggal 14 Desember 2020. Dalam arahannya, Presiden telah menyampaikan Kejaksaan adalah wajah penegakan hukum Indonesia di mata masyarakat dan internasional.

"Setiap tingkah laku dan sepak terjang setiap personil di Kejaksaan dalam penegakan hukum akan menjadi tolak ukur wajah negara dalam mewujudkan supremasi hukum di mata dunia. Oleh karena itu, penguatan terhadap pengawasan dan penegakan disiplin internal dalam tubuh Kejaksaan adalah hal yang tidak dapat ditawar lagi," tegas Jaksa Agung saat itu.