Okt
18
2021
Today

Cuaca Cilacap 10-10-2021

Berawan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Geger Kasi Pidsus Diamankan SATGAS 53, Kejari Cilacap Angkat Bicara
Oleh Wagino   
Kamis, 16 September 2021 12:36

CILACAP, (CIMED) - Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus), MH diamankan Tim SATGAS 53 Kejagung RI dalam operasi senyap dan cepat di Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Cilacap, Senin (13/9/2021) pagi sekitar pukul 07.00 WIB. Setelah tiga hari pasca penjemputan itu akhirnya Kejari Cilacap angkat bicara. MH disebut diamankan SATGAS 53 dan dibawa ke Jakarta dengan dugaan melakukan perbuatan tercela.


Kepala Kejari Cilacap Timotius Tri Ari Mulyanto melalui Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) Dian Purnama membenarkan jika pada hari Senin (13/9/2021) pagi ada tim internal Kejagung yang datang menjemput Kasi Pidsus, MH.

"Berlangsung cepat, kira-kira 10 menit. Kemudian yang bersangkutan dibawa tim internal Kejagung ke Jakarta. Yang bersangkutan dibawa ke Jakarta karena adanya laporan dugaan perbuatan tercela," kata Kasi Intel, Rabu (15/9/2021) tanpa menjelsakan perbuatan tercela yang dimaksud.

Pihaknya belum tahu pasti yang membawa Kasi Pidsus ke Jakarta itu tim SATGAS 53 atau bukan, namun yang pasti pihak internal Kejagung.

"Yang jelas sampai hari ini MH sedang diperiksa di internal Kejagung," jelasnya.

Terkait informasi Kasi Pidsus diamankan STAGAS 53 karena diduga melakukan pemerasan lebih dari Rp 500 juta, Kasi Intel mengaku jika jenis dugaan perbuatan tercela yang dilakukan MH tidak tahu, pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan dari pusat.

"Laporan dari masyarakat masuk ke pusat, bukan ke sini (Kejari Cilacap). Jadi dugaannya perbuatan tercela, namun yang tahu pihak pusat (internal Kejagung). Kita sama-sama menunggu hasil pemeriksaan dari Kejagung. Jadi seperti apa kita belum tahu," ungkapnya.

Kasi Intel juga membenarkan, selain menjemput MH pihak internal Kejagung juga meminta keterangan kepada sejumlah jaksa termasuk dirinya.

"Iya benar, dimintai keterangan," katanya tanya menyebut berapa orang yang dimintai keterangan.

Disinggung mengenai upaya yang dilakukan Kejari Cilacap, Kasi Intel menyatakan pihaknya menyerahkan sepenuhnya pihak Kejagung. Karena saat ini sedang proses pemeriksaan.

"Kita menyerahkan sepenuhnya kepada Kejagung. Prosesnya disana seperti apa kita belum tahu. Kita mempercayakan kepada pusat," kata Dian.

Menurutnya, penjemputan terhadap Kasi Pidsus MH tersebut tidak menghambat aktivitas penanganan perkara di Kejari Cilacap.

"Pidsus dan bidang-bidang lain berjalan seperti biasa," ujarnya.

Untuk sementara, Dian menambahkan, supaya proses penanganan perkara yang ada di Pidsus tidak terhambat sudah ada PLH Kasi Pidsus.

Seperti diberitakan sebelumnya, Tim Satgas 53 Kejagung RI melaksanakan operasi senyap di kantor Kejari Cilacap, Senin (13/9/2021) pagi. Kasi Pidsus Kejari Cilacap, MH diamankan Satgas 53 dan langsung dibawa ke Jakarta.

Penangkapan Kasi Pidsus oleh Tim Satgas 53 menyusul adanya laporan masyarakat. Yang bersangkutan diamankan karena diduga melakukan pemerasan terhadap saksi kasus dugaan tindak pidana korupsi (tipikor) yang saat ini sedang ditangani. Tak tanggung-tanggung, angkanya lebih dari Rp 500 juta.

Tak hanya membawa Kasi Pidsus, Tim Satgas 53 juga meminta keterangan kepada sejumlah jaksa. Pemeriksaan yang dilakukan oleh anggota Satgas 53 di kantor Kejari Cilacap berlangsung hingga Senin (13/9/2021) malam.