Jun
25
2022
Today

Cuaca Cilacap 21-06-2022

Hujan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Kapolres Cilacap Minta Awak Media Tangkal Hoax
Oleh Wagino   
Selasa, 09 Nopember 2021 15:20

CILACAP, (CIMED) - Insan pers sebagai mitra Polri bisa bekerjasama dalam upaya memberikan informasi-informasi, edukasi kepada masyarakat yang bermanfaat. Baik berkaitan dengan masalah kamtibmas yang ada maupun informasi terkait dengan tugas kepolisian yang perlu diketahui masyarakat.


Hal itu disampaikan Kepala Kepolisian Resor Cilacap, AKBP Eko Widiantoro saat bertemu dengan awak media yang bertugas di wilayah hukum Polres Cilacap di Aula Rupatama, Selasa (9/11/2021).

Dikatakan, hubungan tali silaturahmi antara insan pers di Kabupaten Cilacap dengan Polres Cilacap yang sudah terjalin sangat baik diharapkan terus terbangun. Karenanya, Kapolres mengajak semua insan pers yang ada di Kabupaten Cilacap berperan aktif mensosialisasikan terkait dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) termasuk mengajak masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi.

"Sebagai mitra, kedepan jalinan silaturahmi yang sudah terbangun ini tetap solid. Sehingga masyarakat yang membutuhkan informasi yang bermanfaat bisa langsung menerima baik melalui media cetak maupun elektronik yang ada di Kabupaten Cilacap ini," kata AKBP Eko Widiantoro yang belum genap dua bulan menjabat sebagai Kapolres Cilacap ini.

Kapolres juga berpesan agar tidak percaya dengan hoax (berita bohong) sejalan dengan perkembangan kemajuan teknologi. Saat ini masyarakat diminta bijak dalam menerima arus informasi digital yang cepat baik melalui media sosial maupun platform digital lainnya. Segala sesuatunya harus diklarifikasi lebih dahulu.

"Ini penting. Ditanyakan dulu, jangan mudah dengan pemberitaan yang ada kita langsung telan mentah-mentah. Kita harus jadi pendengar, pembaca yang pandai, cerdas yang akhirnya kita tidak termakan berita hoax yang menjerumuskan kita sendiri maupun masyarakat lainnya. Insan pers berperan aktif menangkal berita-berita hoax yang beredar di masyarakat," tandasnya.

Ditegaskan, apa yang dilakukan Polri untuk kepentingan masyarakat, tidak ada tujuan untuk menyakiti masyarakat.

"Karena kita sesuai dengan tugas pokok Polri, melindungi melayani dan menjaga harkamtibmas. Dan tentunya bagaimana melakukan upaya penegakan hukum yang profesional dan proporsional. Semua untuk kepentingan masyarakat karena Polri berangkat dari masyarakat," tegas Kapolres.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua PWI Cilacap yang diwakili Adi Purwadi mengatakan insan pers dalam hal ini yang tergabung di PWI Cilacap telah berkomitmen dan akan terus mendukung langkah Polri dalam memerangi berita hoax.

Menurutnya, hal ini dibuktikan dengan mengedepankan aspek penting berupa kode etik jurnalistik. Diantaranya menyebarluaskan informasi maupun berita berdasarkan data yang faktual, terpercaya dan tentunya dapat dipertanggung jawabkan.