Des
08
2021
Today

Cuaca Cilacap 23-11-2021

Hujan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Jegerrr!! Tanki Kilang Pertamina Kembali Terbakar
Oleh Wagino   
Sabtu, 13 Nopember 2021 23:41

CILACAP, (CIMED) - Ditengah guyuran hujan lebat, tiba-tiba warga Kota Cilacap dikejutkan dengan suara petir menggelegar, Sabtu (13/11/2021) malam. Tak lama berselang sekitar pukul 19.20 WIB terlihat ada kobaran api di komplek Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Cilacap.


Ternyata, kebakaran itu melanda sebuah tanki 36 T-102 milik PT KPI Unit Cilacap, tepatnya dekat pintu 1 Jalan MT Haryono, Kelurahan Lomanis, Kecamatan Cilacap Tengah. Api berkobar hebat dan membumbung keatas sehingga membuat warga yang tinggal di sekitar kilang panik. Mereka lantas menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman.

Kabar tanki kilang Pertamina dengan cepat tersebar luas melalui media sosial. Unggahan rekaman video yang mengabadikan peristiwa kebakaran tanki menghiasi jagat maya Cilacap. Ini merupakan kebakaran kedua tahun ini setelah kejadian serupa terjadi pada Jumat 11 Juni lalu.

Salah seorang warga yang tinggal dekat kilang menggambarkan, saat itu cuaca sedang hujan deras disertai petir. “Setelah ada petir cukup keras tiba-tiba leb, ada api dan membesar dari tanki area pintu 1 Pertamina,” ungkap Budi.

Warga RT 1/5 yang saat itu sedang kumpulan RT langsung pada keluar dan melihat api kebakaran.

“Saat itu kami sedang kumpulan, terus pada keluar semua,” lanjutnya.

GM PT KPI Unit Cilacap, Eko Sunarno mengatakan, tanki yang terbakar adalah tangki komponen produk pertalite. Kebakaran mulai sekitar pukul 19.20 WIB terjadi di 1 buah tanki berisi produk Pertalite. Saat ini Pertamina belum mengetahui secara pasti penyebab kebakaran.

"Upaya pemadaman dilakukan secara intensive dengan menggunakan High Capacity Foam Monitor pada tangki yang terbakar, sedangkan untuk tangki di sekitar dilakukan pendinginan dengan water sprinkle untuk mencegah merambatnya kebakaran," kata Eko, Sabtu (13/11/2021) malam.

Pertamina saat ini juga tengah melakukan pengecekan masyarakat di sekitar area kejadian untuk memastikan masyarakat dalam kondisi aman.

"Untuk masyarakat yang berlokasi di area terdekat dengan lokasi, akan dilakukan evakuasi untuk memindahkan masyarakat ke area yang lebih aman. Tidak ada korban jiwa," tandasnya.

Ditambahkan, saat ini Pertamina juga memastikan pasokan BBM dan Elpiji ke masyarakat dalam kondisi aman dan tidak mengalami gangguan.