Jun
26
2022
Today

Cuaca Cilacap 21-06-2022

Hujan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim
Pertamina Cilacap Gelar Donor Darah Rutin, 547 Kantong Darah Berhasil Terkumpul
Oleh Wagino   
Senin, 13 Juni 2022 09:36

CILACAP, (CIMED) – Sebanyak 547 kantong darah berhasil diperoleh dalam kegiatan donor darah rutin yang diselenggarakan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap di gedung Patra Graha, Selasa (7/6/2022). Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi PT KPI RU IV dengan Palang Merah Indonesia (PMI) serta Polres Cilacap.


Pjs. General Manager PT KPI RU IV, Arief Budiyanto menjelaskan donor darah menjadi agenda rutin sebanyak tiga kali dalam satu tahun.
“Kami memahami pentingnya kegiatan donor darah bagi kesehatan sekaligus sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap sesama. Itulah mengapa donor darah ini menjadi proram rutin,” jelasnya.

Sebagai wujud sinergi dengan PMI selaku penyelenggara donor darah dilakukan pula penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) penyelenggaraan donor darah secara rutin, oleh Arief Budiyanto dan Ketua PMI Kabupaten Cilacap, Farid Ma’ruf.

Dalam kesempatan ini, lanjut Arief pihaknya juga membuka layanan Voluntary Counselling Test (VCT) Mobile sebagai upaya preventif dalam penanganan penyebaran HIV/AIDS, terutama di lingkungan kerja.

“Terkait komitmen ini, PT KPI RU IV juga sudah mendapatkan penghargaan platinum dari Kementerian Ketenagakerjaan RI dalam program pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di tempat kerja,” kata Arief.

Pada kegiatan bertajuk ‘Donor Darah & Sosialisasi P2 HIV/AIDS, Wujud Nyata Berbagi Pada Sesama’ ini dilengkapi dengan Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan (P2) HIV/AIDS oleh narasumber Rubino Sriadji dari RSUD Cilacap. Sosialisasi diikuti perwakilan guru-guru dari sejumlah sekolah di Kota Cilacap.