Mei
17
2022
Today

Cuaca Cilacap 04-05-2022

Hujan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Ratusan Warga Donan Datangi Pengobatan Gratis Pertamina
Oleh Wagino   
Sabtu, 18 April 2009 13:17

CILACAP, (Cimed) – Ratusan warga Kelurahan Donan khususnya yang berada di sekitar Terminal Transit Lomanis berduyun-duyun mendatangi Aula Kantor Terminal Transit Lomanis Cilacap. Mereka datang untuk mengikuti bhakti sosial pengobatan gratis yang digelar Tim Medis Pertamina Pemasaran Jateng-DIY, Sabtu (18/4).

Pantauan CilacapMedia.com, mereka diperiksa satu persatu, jika dari hasil pemeriksaan dokter umum ditemukan penyakit yang harus ditangani khusus maka pasien itu dirujuk dokter spesialis yang telah disiapkan.

Bonem (55), warga RT 05 RW 15 yang sejak tiga hari terakhir matanya terasa pedih dan kepala terasa sakit. Lantaran tak punya cukup biaya untuk berobat ia pun tidak segera memeriksakan ke dokter. Beruntung ia mendapat kabar dari pengurus RT setempat kalau ada pengobatan gratis.

“Biasanipun kula berobat teng Puskesmas ngangge kartu Jamkesmas, tapi seniki wonten pengobatan gratis, nggih malah keleresan ( Biasanya saya berobat di Puskesmas pakai kartu Jamkesmas, tapi sekarang ada pengobatan gratis, malah kebetulan ),” ujar Bonem kepada CilacapMedia.com disela-sela menunggu giliran dipanggil petugas.

Sementara Suminto (35), warga RT 01 RW 15 berharap pembagian jatah pengobatan gratis jangan diberikan kepada salah satu pengurus RT karena bisa berakibat tidak tepat sasaran. Selain itu, kegiatan ini kalau bisa jangan digelar setiap enam bulan sekali tapi tiga atau empat bulan sekali.

“Kalau pengobatannya berlangsung rutin ini akan sangat membantu keluarga yang kurang mampu yang selama ini mengandalkan kartu Jamkesmas untuk berobat di Puskesmas,” pintanya.

General Manager Pemasaran BBM Retail Region IV melalui OH Depot Cilacap, Zamrid, mengatakan upaya peningkatan kesehatan masyarakat melalui pengobatan gratis ini merupakan salah satu bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina bagi masyarakat sekitar.

“Pengobatan gratis ini diperuntukan bagi 500 warga Kelurahan Donan,” kata Zamrid.

Dikatakannya, melalui pengobatan gratis ini, diharapkan dapat memberikan manfaat berupa peningkatan kualitas kesehatan masyarakat serta terwujudnya rasa persaudaraan antara Perusahaan dengan masyarakat sekitar.

Secara terpisah, Asisten Manager External Relation Pertamina Pemasaran Wilayah Jateng-DIY, Heppy Wulansari mengatakan Pertamina memiliki komitmen untuk melaksanakan tanggung jawab Perusahaan di bidang social serta lingkungan sesuai dengan prinsip pengembangan lingkungan yang berkelanjutan.

“Selain bidang kesehatan seperti pengobatan gratis yang dilaksanakan pada hari ini,  Pertamina juga aktif melakukan program-program CSR dibidang lain,” katanya.

Lebih lanjut Heppy menjelaskan, program-program CRS lainnya yakni bantuan bencana alam, pendidikan dan pelatihan, sarana umum dan tempat ibadah, konservasi lingkungan serta pemberdayaan masyarakat melalui Program Kemitraan.

“Program Kemitraan yaitu berupa bantuan pinjaman lunak kepada usaha kecil di sektor pertanian, perdagangan, peternakan, perkebunan, perikanan, sector jasa dan lainnya,” jelas Heppy.

Disebutkan, dalam kurun waktu lima tahun terakhir (2004-2208), Pertamina Pemasaran wilayah Jateng-DIY telah memberikan konsribusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui penyaluran program dana CSR sebesar RP 93,7 miliar.

“Untuk tahun 2009 penyaluran CSR ditargetkan sebesar RP 28,5 miliar,” pungkasnya.