Jun
26
2022
Today

Cuaca Cilacap 21-06-2022

Hujan
Suhu : 24-300C
Angin : 5-10 km/jam
Cuaca Maritim

Login

Nama Pengguna Kata sandi
Lupa kata sandi anda? Lupa nama pengguna anda?
Situs Reskrim Cilacap Disusupi Dedemit Maya Cetak
Oleh Wagino   
Selasa, 27 April 2010 12:41

CILACAP, (Cimed) – Munculnya sejumlah website (situs) di jajaran Polres Cilacap dengan domain berbeda-beda mengesankan telah terjadi persaingan antar satuan di lingkungan intitusi itu. Demikian isi surat terbuka yang terpajang di situs milik Reskrim Cilacap.

Siapa yang menulis surat terbuka untuk Kapolres Cilacap itu? Siapa lagi pelakunya bila bukan dedemit dunia maya.

Redaksi CILACAPMEDIA.com yang mendapat laporan melalui SMS (Short Message Service) dari pembaca, Selasa (27/4) pagi langsung menyambangi situs. Sekilas tak ada yang aneh dengan situs yang beralamat di www.satreskrim-cilacap.com ini. Pelaku menjamin tidak mau mengacak-acak atau merusak situs, hanya menyusupkan surat terbuka di halaman utama di bawah sambutan yang berisi kritik terkait pembuatan website masing-masing satuan Polres Cilacap dengan domain berbeda-beda.

Dalam surat terbuka yang ditujukan kepada Kapolres Cilacap dengan tembusan Kasat Reskrim, si pelaku tak meninggalkan identitas yang jelas, di akhir suratnya hanya ditulis tertanda SAYA (titik koma).

Isi surat terbuka yang diposting Selasa (27/4) oleh dedemit maya sebagai berikut :

Kepada Kapolres Cilacap YTh,

c.q Kasat Reskrim Polres Cilacap

Mohon maaf  jika apa yang saya tuliskan ini tidak berkenan di hati bapak dan jajaran. Terus terang, saya tidak terpikirkan sedikitpun untuk berniat tidak baik, jahat, merusak data, dsb. Apalagi Polres Cilacap secara tidak langsung turut memberi andil dalam pembentukan jiwa dan kepribadian saya...so, jangan khawatir SAYA JAMIN tidak akan ada data yang hilang, atau informasi yang bocor.

Beberapa hal yang ingin saya sampaikan :

1. Saya sampaikan dukungan apresiasi yang tinggi atas komitmen dari Jajaran Polres Cilacap untuk "Memerangi Mafia Hukum" seperti yang termuat di Portal Cilacapmedia.com.

2. Saya sangat menyayangkan atas ke-Kurang Profesionalan Jajaran Polres Cilacap di  dalam Cyber Management, ini dibuktikan dengan banyaknya domain dari Jajaran. Seperti Reskrim dengan www.satreskrim-cilacap.com , Sastlantas dengan www.satlantasrescilacap.com dan www.info-laka.com . Bagaimana ini...??? seperti ada persaingan, pengkotak-kotakan...dengan domain sedemikian berapa biaya yang dikeluarkan untuk pengelolaan ?? PERTANYAAN BESAR Saya... kenapa tidak dibuatkan single domain (domain tunggal ) misalnya www.polrescilacap.go.id (NASIONALISMEnya tunjukin donk...?!) , dimana di dalammya dapat dibuatkan sub-domain sub-domain lain yang dapat digunakan untuk masing-masing satuan fungsional maupun satuan kewilayahan ( polsek ) sehingga nantinya didalam domain www.polrescilacap.go.id dapat ditambahkan sub-domain reskrim.polrescilacap.go.id , lantas.polrescilacap.go.id , ident.polrescilacap.go.id , majenang.polrescilacap.go.id , kroya.polrescilacap.go.id , dsb. Silahkan bertanya kepada Pemkab Cilacap yang sudah menerapkan hal seperti ini.

Disini akan terlihat adanya tertib data, administrasi, dan tentunya LEBIH HEMAT dalam pembiayaan. Bayangkan dengan banyak domain yang memakai dot-com, berapa biaya yang dikeluarkan...??? Saya sendiri tidak habis berpikir kenapa Jajaran Res Cilacap berlomba dengan dot-com...sementara, sekedar contoh saja...Polsek Majenang hanya mengandalkan Blogspot.com yang GRATISAN dan itupun masih di-Cloak dengan domain dot-co-cc ... yang orang pun tahu itu juga GRATISAN.

3. Satu KECEROBOHAN BESAR yang sudah dilakukan oleh Jajaran Satreskrim adalah : Menampilkan Profil, Photo, dari Anggota Satuan. Sebatas pengetahuan saya, dimana-mana Anggota Satreskrim, Satintelkam, SatNarkoba, Densus adalah tertutup dari akses publik hal ini demi mendukung sifat operasional yang disandangnya.

4. Meski masih perlu dibenahi disana-sini, secara garis besar saya acungkan Jempol buat Jajaran Res Cilacap yang kini mulai bermetamorfosa dari Polisi Biasa-biasa saja menjadi Polisi yang Melek Taknologi. BRAVOOOO...!!!

5. Seperti yang saya sampaikan di muka...SAYA JAMIN TIDAK ADA DATA YANG BERUBAH APALAGI SAMPAI HILANG.

6. Perbaiki lagi Web Security System yang sudah ada, belajarlagi ya N'dan....

7. Tengoklah Website dilingkup ResCilacap yang sudah lebih baik, yang sederhana saja "SAKA BHAYANGKARA POLSEK SIDAREJA"

8. Penutup, saya sampaikan terimakasih telah berkenan membaca artikel ini. Meski tidak berkenan...ambilah HIKMAH-nya. Insya Allah kalau ada kesempatan, di lain waktu saya sempatkan untuk merapat ke Mako untuk sedikit berbincang-bincang. Eitttt...!!! Jangan ditangkap ya...PEACE ahh !!

 

Hari ini, 27 April 2010

 

Tertanda

 

SAYA (titik koma)